4 Cara Atasi Entok Tidak Mau Makan, Salah Satunya Pakai Ramuan Herbal Berikut Ini

entok tidak mau makan
Kandang entok harus dibuat ideal agar pertumbuhan entok tidak terhambat (Hadi Waluyo)
0 Komentar

Menjaga lingkungan kandang agar jauh dari pemukiman warga akan membantu entok lebih tenang. Lokasi kandang yang paling baik untuk entok adalah tempat yang lembap dan dekat dengan sumber air.

Dalam satu hari, entok harus dilepaskan dari kandang agar bebas bergerak. Karena itu, cari lokasi kandang dengan lapangan kosong yang luas. Selain itu, pastikan juga lokasi tersebut bebas dari hewan buas.

Cara Mengatasi Entok Tidak Mau Makan

Mengatasi entok yang tidak mau makan sebenarnya tidaklah sulit. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Namun, Anda harus sabar dan konsisten dalam melakukan cara berikut ini:

Baca Juga:Apakah Onani Membatalkan Puasa?, Mari Simak 2 DalilnyaBalap Liar di Desa kalijoyo Berhasil Digagalkan Polisi, 10 Sepeda Motor Diamankan

  1. Cek Kesehatan Entok Secara Berkala

Cara mengatasi entok yang tidak mau makan pertama adalah memeriksa kesehatan entok secara berkala dan konsisten setiap bulan. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui jika ada salah satu entok yang terserang penyakit.

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan memeriksa entok setiap bulan, seperti mencegah penyakit yang lebih parah, memangkas kerugian, hingga menyelamatkan nyawa entok itu sendiri.

Anda harus mengetahui cara memeriksa kesehatan entok agar bisa mengetahui penyakit yang diderita entok. Periksa setiap bagian dari entok, seperti mata, hidung, paruh, telinga, kaki, hingga anus.

Mata entok yang sehat harus bersih dari segala macam kotoran dan lendir. Entok sehat memiliki mata bulat yang cerah. Paruh entok juga harus bersih dari kotoran dan tidak mengeluarkan air liur yang terlalu berlebihan.

Sama seperti mata dan paruh, hidung dan telinga entok juga harus bersih dari lendir. Kaki entok yang sehat harus kuat ketika berjalan dan berdiri. Selain itu, kaki entok juga harus memiliki bentuk yang normal.

Ada banyak sekali penyakit yang menyerang entok, seperti influenza, salmonellosis, fowl cholera, fowl pox, botulismu, dan coccidiosis.

Penyakit influenza bisa dilihat dari gejala kaki yang berdarah, diare, dan cairan pada bagian mata, hidung, serta paruh. Penyakit yang satu ini menular melalui kotoran sesama entok.

Baca Juga:Satgas Quick Response Penanganan Laka Lantas Polres Pekalongan Siap Hadapi Operasi Ketupat Candi 20235 Penyakit Pada Entok dan Cara Pencegahannya

Gejala yang ditimbulkan penyakit salmonellosis pada entok adalah diare yang sangat encer dengan warna agak kuning, sulit bernapas, hidung berlendir, hingga kesulitan berjalan hingga mengalami kelumpuhan.

0 Komentar