Fakta Menarik 5 Penyebaran Agama Islam di Indonesia, Simak Penjelasannya

Penyebaran Agama Islam di Indonesia
Penyebaran Agama Islam di Indonesia (SufiLive)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Penyebaran agama Islam di Indonesia ternyata hampir tidak dilakukan dengan cara kekerasan. Nyaris semua dilakukan dengan cara yang memanusiakan manusia, saling menghormati dan saling menghargai.

Para tokoh ulama habaib keturunan nabi Muhammad Saw memiliki pendekatan penyebaran agama Islam di Indonesia berbeda. Menarik sekali untuk dikaji ulang apa saja yang dilakukan sehingga agama Islam tetap bertahan hingga sekarang.

Berikut ini beberapa cara penyebaran agama Islam di Indonesia yang bisa dipelajari. Para ulama dari Arab Timur Tengah mengajarkan agama Islam melalui beberapa cara diantaranya sebagai berikut.

Baca Juga:5 Alasan Penting Kenapa Belajar Happy With KGBN Tak Boleh Dilewatkan4 Teori Masuknya Islam ke Indonesia yang Gampang Banget Dipelajari!

Perdagangan

Periode abad ke 7 Masehi mulai berdatangan para saudagar dari Arab, India, Persia dan Cina. Perdagangan diantara bangsa-bangsa di selat Malaka dan pesisir pulau Jawa sudah bergeliat.

Karena saudagar dari kebanyakan berasal dari para ulama yang memiliki ilmu agama Islam yang cukup, mereka memiliki kewajiban mengajarkan. Tentu saja dengan Arif dan bijaksana sehingga orang Indonesia mau memeluk agama Islam.

Penyebaran agama Islam di Indonesia melalui perdagangan sangat efektif karena memang sejak dulu dikenal sebagai bangsa yang mudah bersepakat. Maka tak heran kalau penyebaran agama Islam melalui perdagangan yang dilakukan para ulama sangat efektif.

Tentu saja pengajaran agama Islam melalui akhlak yang baik dalam berdagang. Dengan cara seperti itu kemudian orang Indonesia yang memeluk agama Islam mulai menyebarkannya.

Perkawinan

Karena sudah kerasan tinggal dan berdagang di Indonesia, banyak para penyebar agama Islam (baca: Walisongo) menikah dengan penduduk lokal. Sehingga dari situ mulai ada perkampungan orang Islam yang dihuni kebanyakan orang keturunan Arab.

Walisongo membangun hubungan mutualisme dengan orang Indonesia dalam banyak hal tak khususnya perdagangan. Hal ini mudah dilakukan karena sudah terjalin hubungan emosional antara orang Indonesia dan orang Arab.

Melalui perkawinan dengan penduduk lokal, penyebaran agama Islam di Indonesia makin meluas. Sehingga berhasil mengislamkan satu kampung, dua kampung hingga tiga kampung.

Baca Juga:Rekomendasi Nama FF Keren 4 Huruf yang Bisa Kamu Gunakan10 Kelebihan Whatsapp Plus APK yang Canggih Banget

Seni BudayaSelain melakukan penyebaran agama Islam di Indonesia melalui perkawinan, juga lewat seni budaya. Walisongo memanfaatkan wayang untuk berdakwah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

0 Komentar