Tidak Bisa Menangis Meski Sedih? Ini 8 Alasan yang Menjadi Pemicunya

Tidak bisa menangis meski sedih, mengapa bisa?
Tidak bisa menangis meski sedih, mengapa bisa? (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Pernahkah kamu mendapati dirimu membutuhkan tangisan yang baik tetapi kamu sama sekali tidak bisa menangis? Mungkin saat kamu sedih, cemas, atau kesakitan? Rasanya membingungkan dan menyedihkan karena tidak bisa menangis saat kamu menginginkannya atau saat kamu merasa harus melakukannya.

Penelitian menunjukkan bahwa menangis dapat membantumu melepaskan emosi dalam situasi stres atau menyedihkan tertentu. Itu bahkan dapat membantumu membersihkan mata secara fisik dan membantumu mengomunikasikan perasaan.

Namun, ada beberapa keadaan di mana orang bisa mengalami kesulitan menangis. Baca terus untuk memahami lebih lanjut tentang mengapa kamu tidak bisa menangis bahkan ketika kamu sedih dan apa yang dapat kamu lakukan.

Alasan Mengapa Kamu Tidak Bisa Menangis

Baca Juga:Menerima Emosi Mampu Meningkatkan Kesehatan EmosionalmuTahap Penerimaan dalam Kesedihan, Ketahui Bahwa Kamu Sudah Mulai Berdamai dengan Keadaan

Ada beberapa alasan kenapa kamu tidak bisa menangis meski sedang sedih. Hal pertama yang harus kamu pahami adalah bahwa kamu tidak sendiri, dan dalam kebanyakan kasus, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ada alasan fisik, emosional, dan psikiatris mengapa tangisan mungkin terpengaruh.

Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa orang menemukan diri mereka tidak bisa menangis.

Kondisi Medis

Kondisi medis tertentu membuatmu secara fisik sulit atau tidak mungkin meneteskan air mata. Kondisi seperti sindrom mata kering secara fisik memengaruhi produksi atau pelepasan air mata dari saluran air matamu. Sindrom mata kering lazim terjadi pada orang lanjut usia dan orang yang menggunakan lensa kontak.

Obat-obatan

Berada di obat-obatan tertentu dapat mengurangi atau menghentikan kemampuanmu untuk menghasilkan air mata. Satu studi menunjukkan bahwa 46% orang yang menggunakan antidepresan mengalami emosi yang tumpul.3tumpul. Obat-obatan tertentu lainnya dapat memengaruhi produksi air mata dan menyebabkan mata kering.

Perubahan Iklim

Jika dulu kamu merasa mudah menangis dan sekarang merasa sulit karena pindah, mungkin karena kamu pindah ke iklim yang lebih kering. Meskipun ini bukan fenomena yang paling umum, tinggal di lingkungan yang gersang dapat menyebabkan air matamu mengering bahkan sebelum kamu menyadarinya. Tubuhmu juga cenderung menghasilkan lebih sedikit air mata.

0 Komentar