Tidak Bisa Menangis Meski Sedih? Ini 8 Alasan yang Menjadi Pemicunya

Tidak bisa menangis meski sedih, mengapa bisa?
Tidak bisa menangis meski sedih, mengapa bisa? (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Operasi

Jika kamu pernah menjalani operasi mata, kamu bisa mengalami kesulitan atau tidak bisa menangis. Laser-assisted in situ keratomileuses (LASIK) adalah prosedur pembedahan yang digunakan untuk membantu orang dengan masalah penglihatan memperbaiki penglihatan mereka. Salah satu efek samping setelah operasi adalah mata kering, sehingga kamu sulit  atau bahkan tidak bisa menangis.

Kondisi Kesehatan Mental

Sementara beberapa orang mungkin lebih banyak menangis karena hidup dengan kondisi kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan, yang lain menemukan bahwa mereka tidak dapat menangis. Kondisi seperti gangguan stres pasca-trauma dan gangguan depresi mayor terkadang dapat menyebabkan kamu merasakan emosi yang teredam yang mungkin membuat kamu tidak bisa menangis.

Represi Emosional

Orang menghadapi emosi dengan cara yang berbeda. Sementara beberapa orang memiliki gaya yang sangat ekspresif, yang lain lebih pendiam, tertekan, atau merasa sulit untuk mengungkapkan perasaannya, termasuk menangis. Seringkali dengan emosi yang tertekan, kamu bahkan mungkin tidak menyadari bahwa kamu secara tidak sadar menghindari emosimu, itulah sebabnya kamu mungkin bingung karena ketidakmampuan kamu untuk menangis saat sedih.

Melecehkan

Baca Juga:Menerima Emosi Mampu Meningkatkan Kesehatan EmosionalmuTahap Penerimaan dalam Kesedihan, Ketahui Bahwa Kamu Sudah Mulai Berdamai dengan Keadaan

Bertahan dari pelecehan emosional dan fisik dapat berdampak negatif pada caramu memproses emosi. Salah satunya adalah belajar untuk tidak menangis, terutama dalam situasi di mana tangisan telah memicu pelecehan lebih lanjut dari para pelaku kekerasan di masa lalu. Korban pelecehan juga terkadang mengalami emosi yang mati rasa atau tidak terdengar.

Harapan atau Ekspektasi Masyarakat

Standar masyarakat dan budaya tertentu terkadang menganggap malu karena menangis. Stereotip gender juga dapat berperan di sini. Mendengar pernyataan seperti “anak laki-laki tidak bisa menangis” atau “menangis adalah tanda kelemahan” sering kali membuat anak laki-laki dewasa berpikir bahwa menangis itu salah.

Menangis adalah ekspresi emosi alami yang mungkin tidak mudah dilakukan oleh semua orang. Jika itu tidak mudah bagimu, itu tidak berarti kamu tidak memiliki emosi atau tidak mengekspresikannya secara sehat. Banyak alasan di luar kendalimu yang bisa membuatmu tidak bisa menangis. Namun, jika kamu merasa ada sesuatu yang menghalangi air mata yang diperlukan, mungkin sudah waktunya untuk menghubungi ahli kesehatan mental.

0 Komentar