Inilah Tips Lebaran Sehat Bagi Ibu Hamil, Buktikan Manfaatnya!

Lebaran sehat bagi ibu hamil
Tips lebaran sehat bagi ibu hamil ( foto : freepik.com)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – Bagaimana tips lebaran sehat bagi ibu hamil? Menanti momen lebaran ditemani buah hati yang sedang berkembang dalam tubuh tentunya menjadi kebanggan tersendiri ya Bunda, namun hati-hati perhatikan lingkungan dan pola makan dengan baik agar Bunda dan janin tetap sehat, lalu apa sih tips lebaran sehat bagi ibu hamil?

Dikutip dari laman Alodokter, berikut ini ada beberapa tips lebaran sehat bagi ibu hamil:

  1. Rajin Mencuci tangan

Saat lebaran, tentunya ibu hamil sangat susah untuk mengindari momen salam-salaman. Padahal momen ini adalah sarana paling cepat untuk menularkan kuman penyebab infeksi.

Ilustrasi mencuci tangan ( foto : freepik.com)

Untuk menghindari hal-hal buruk, ibu hamil harus rajin cuci tangan ya. Dibiasakan untuk tidak menyentuh area wajah dengan tangan yang kotor.

Baca Juga:Bagaimana Cara Mempersiapkan Lebaran Agar Lebih Bermakna?Bagaimana Cara Mengenalkan Pacar Kepada Orang Tua Agar Mendapatkan Restu?

  1. Tetap konsumsi buah dan sayur

Karena banyaknya sajian menu saat lebaran, kadang ibu hamil jadi lupa untuk mengkonsumsi sayuran dan buah.

Padahal, buah dan sayuran sangat penting dikonsumsi mengingat nutrisi yang terkandung didalamnya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Ilustrasi buah dan sayuran ( foto : freepik.com)

Selain itu, konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak sarat akan melancarkan pencernaan ibu hamil dan juga emnecagj terjadinya sembelit. Mengkonsumsi ini juga bisa membuat ibu hamil kenyang lebih lama.

  1. Selektif memilih makanan

Menu sajian lebaran yang menggugah selera seperti nastar, kastangel hingga makanan berat seperti rendang, opor ayam ternyata bisa memicu penyakit.

Ilustrasi selektif dalam memilih makanan ( foto : freepik.com)

Mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dalam jangka waktu yang panjang dan jumlah berlebihan bisa menyebabkan obesitas serta diabetes gestasional. Sedangkan untuk makanan yang mengandung garam bisa menyebabkan hipertensi.

  1. Perbanyak minum air putih

Selain dapat menghidrasi tubuh dan juga membantu melancarkan organ pencernaan, air putih juga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah, yang mungkin saja menumpuk akibat dari mengonsumsi makanan berlemak dan juga bersantan.

Ilustrasi ibu hamil banyak minum air putih ( foto : freepik.com)

0 Komentar