Ibu Hamil Wajib Tahu Nih! Manfaat dan Bahaya Penggunaan Korset Bagi Kehamilan, Simak Ulasannya

Manfaat dan bahaya penggunaan korset bagi kehamilan
Manfaat dan bahaya penggunaan korset bagi kehamilan ( foto: freepik.com)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – Apakah kamu tahu manfaat dan bahaya penggunaan korset bagi kehamilan? Korset biasanya digunakan pasca melahirkan yang bertujuan untuk mengembalikan postur tubuh seperti semula, lalu apa manfaat dan bahaya penggunaan korset bagi kehamilan?

Tidak hanya korset pasca melahirkan, ternyata ada lho korset bagi kehamilan, tentunya korset ini bertujuan untuk menyangga perut agar nyaman saat masa kehamilan. Sebenarnya aman tidak sih untuk kehamilan?

Untuk ibu hamil twins atau kembar, penggunaan korset ini bisa jadi salah satu alternatif agar membantu meringankan beban perut dan nyeri pinggang.

Baca Juga:Inilah Tips Lebaran Sehat Bagi Ibu Hamil, Buktikan Manfaatnya!Bagaimana Cara Mempersiapkan Lebaran Agar Lebih Bermakna?

Ada juga manfaat dan bahaya penggunaan korset bagi kehamilan, seperti :

  1. Mengurangi rasa sakit

Menjadi ibu hamil tentu menjadi dambaan setiap wanita yang sudah menikah, namun ternyata proses kehamilan tak melulu menyenangkan. Banyak kendala-kendala yang akan dialami oleh ibu hamil misalnya seperti sakit punggung dan panggul.

Hal ini disebabkan, karena ibu hamil mengalami kesulitan untuk duduk dan berjalan. Sehingga menurut penelitian dari Journal of Pregnancy keluhan tersebut bisa berkurang dengan penggunaan korset hamil.

  1. Memperbaiki bentuk tubuh

Tujuan utama dibuatnya korset adalah untuk membantu ibu hamil memperbaiki bentuk dan postur tubuh.

Begitu juga untuk ibu hamil, karena ibu hamil memiliki beban berlebih pada tubuh bagian depannya maka bisa menyebabkan tubuh menekuk ke belakang.

Dengan menggunakan korset ini maka tekanan berlebih pada punggung bagian bawah bisa berkurang.

  1. Membuat lebih nyaman

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, korset ibu hamil memang dibuat untuk membuat ibu hamil nyaman dalam beraktivitas.

Bahaya penggunaan korset hamil

Meski dengan segudang manfaat yang dimiliki oleh korset hamil, namun penggunaan korset tidak boleh lebih dari 3 jam setiap harinya. Jika lebih maka bisa membuat otot-otot pinggang melemah yang berujung pada kesulitan saat proses melahirkan.

Baca Juga:Bagaimana Cara Mengenalkan Pacar Kepada Orang Tua Agar Mendapatkan Restu?Ternyata Ini Lho, 5 Sifat Perempuan Sulung yang Banyak Dikagumi Orang

Selain itu penggunaan korset secara berlebihan juga bisa mempengaruhi perkembangan janin. Tekanan berlebih dari korset bisa memberikan efek negatif pada janin serta membuat sirkulasi darah tidak lancar, jadi Bunda harus faham ya manfaat dan bahaya penggunaan korset bagi kehamilan.

0 Komentar