Bagaimana Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini?

Mengoptimalkan tumbuh kembang anak sejak dini
Cara mengoptimalkan tumbuh kembang anak sejak dini ( foto : freepik.com)
0 Komentar

Radarpekalongan.idMengoptimalkan tumbuh kembang anak sejak dini harus dilakukan sejak 1000 hari pertama usia anak, periode ini seringkali disebut periode emas yang memiliki tumbuh kembang sangat pesat sehingga orang tua dianjurkan untuk mengoptimalkan pertumbuhan pada masa ini.

Dilansir dari parents.com, studi yang dipublikasikan di Journal of Medicinal Food, bahwa pertumbuhan anak akan optimal salah satunya ketika anak sedang tidur. Selain itu adaa beberapa cara yang juga dikatakan ampuh dalam membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak sejak usia dini.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak sejak dini

  1. Sering ajak mengobrol

Cara mengoptimalkan tumbuh kembang anak sejak dini yang pertama adalah sering diajak mengobrol. Semakin sering anak diajak mengobrol maka akan semakin baik tumbuh kembangnya, semakin baik pula kosakata yang dimiliki oleh anak.

Ilustrasi rutin mengajak ngobrol ( foto : freepik.com)

Baca Juga:Semarak Ramadhan, MI Al Huda Babalankidul Bojong Bagikan Ribuan Takjil dan Santunan Anak YatimIbu Hamil Wajib Tahu Nih! Manfaat dan Bahaya Penggunaan Korset Bagi Kehamilan, Simak Ulasannya

Anak yang sering diajak ngobrol orang tuanya akan berpotensi memiliki rasa percaya diri yang baik, kenyamanan dan keamanan.

  1. Ajak anak membaca buku cerita

Cara mengoptimalkan tumbuh kembang anak sejak dini yang kedua adalah mengajak anak untuk membaca buku cerita. Dengan membaca bisa mengajak untuk berfikir lebih fokus serta membantu anak untuk memiliki waktu istirahat yang cukup setiap harinya.

Ilustrasimembacakan buku cerita ( foto: freepik.com)

Usahakan membacakan cerita dengan ekspresi semanrik mungkin, karena dengan begitu akan membuat anak lebih senang dan nyaman dalam berinteraksi.

  1. Beri ruang aman untuk bermain

Cara berikutnya adalah berikan ruang bermain yang aman ke anak. Pastikan juga untuk memberikan mainan yang bisa melatih kecerdasan dan menunjang tumbuh kembangnya. Saat anak bermain, usahakan untuk memantau dengan baik keselamatan anak. Berikan sandaran pantat yang empuk untuknya, singkirkan benda-benda tajam dari sekitar area bermain, jauhkan barang-barang yang bisa dipanjat anak dan tutup stop kontak listrik.

Ilustrasi waktu bermain ( foto : freepik.com)

0 Komentar