Pelajari 6 Karakteristik Komunikasi Efektif dalam Hubungan, Kunci Hubungan yang Lebih Sehat

Komunikasi efektif dalam hubungan
Komunikasi efektif dalam hubungan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Beberapa keunggulan komunikasi efektif dalam hubungan meliputi:

Mendengarkan secara aktif: Mendengarkan secara aktif melibatkan keterlibatan dalam percakapan, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan merenungkan kembali apa yang dikatakan orang. Ini juga melibatkan meminta klarifikasi bila diperlukan dan menghindari membuat penilaian.

Tidak mempersonalisasi masalah: Saat berkomunikasi dalam hubungan, orang yang pandai menghindari mempersonalisasikan tindakan pasangannya. Sebaliknya, mereka fokus pada situasi dan bagaimana hal-hal dapat diselesaikan.

Menggunakan pernyataan “Saya”: Pernyataan-saya dapat membantu dalam konflik antarpribadi. Alih-alih mengatakan, “Kamu tidak pernah membereskan dirimu sendiri,” coba gunakan pernyataan-I seperti, “Aku merasa tidak nyaman saat ada kekacauan yang menumpuk di sekitar rumah.”

Baca Juga:6 Manfaat Hobi untuk Memanajemen dan Melepaskan StresStres yang Baik Untukmu! Ketahui Tekanan yang Kamu Butuhkan

Kebaikan: Kebaikan itu penting karena membuat orang merasa diperhatikan dan dipahami.

Hadir: Saat berbicara dengan pasanganmu, penting untuk hadir sepenuhnya pada saat itu. Terganggu oleh sumber luar–termasuk gangguan elektronik seperti ponselmu–dapat menyebabkan kurangnya komunikasi dan koneksi yang buruk.

Menunjukkan penerimaan: Komunikasi yang sehat adalah tentang menerima dan memvalidasi orang lain, meskipun kamu mungkin tidak setuju dengan mereka. Ketika kamu berkomunikasi dengan baik dengan pasangan, kamu dapat mengenali bahwa orang memiliki hak untuk merasakan perasaan mereka bahkan jika emosi dan reaksi itu berbeda dari dirimu.

Itulah manfaat dan karakteristik komunikasi efektif dalam hubungan yang dapat kamu pelajari untuk diterapkan dalam hubunganmu. Komunikasi memang bukan hal tunggal penentu kebahagiaan, tetapi kamu bisa meningkatkan kualitas hubunganmu dengan menerapkan komunikasi efektif dalam hubungan.

**AN

Referensi Verywellmind.com

0 Komentar