6 Manfaat Hobi untuk Memanajemen dan Melepaskan Stres

Manfaat hobi untuk kesehatanmu
Manfaat hobi untuk kesehatanmu. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Jika sisa hidupmu agak membosankan atau tidak menarik, hobi dapat memberikan makna dan kesenangan serta dapat menghentikan jadwal yang membosankan tanpa merasa seperti bekerja. Dengan kata lain, manfaat hobi adalah dapat memberikan tantangan yang tepat.

Memiliki Jaringan Sosial

Banyak hobi cocok untuk kegiatan kelompok, seperti rotasi golf, lingkaran merajut, dan kelompok menulis kreatif adalah contoh yang bagus.

Hobi yang menghubungkanmu dengan orang lain dapat memberikan manfaat hobi tambahan berupa dukungan sosial, yang dapat menghilangkan stres dan makna hidup dengan cara yang menyenangkan. Teman-teman yang bersenang-senang denganmu bisa menjadi salah satu sahabat di kemudian, artinya hobi yang membuatmu lebih dekat dengan orang lain sangat berharga untukmu.

Menikmati Kesenangan Positif

Baca Juga:Stres yang Baik Untukmu! Ketahui Tekanan yang Kamu ButuhkanKetahui 5 Sumber Utama Stres, Bentengi Diri dari Tekanan

Psikologi positif, cabang psikologi yang relatif baru yang mempelajari apa yang membuat hidup berharga, telah menemukan bahwa kesenangan—aktivitas yang membuat hidup menyenangkan—dapat menjadi hal yang luar biasa untuk relaksasi dan kenikmatan sesaat.

Kesenangan dapat mengangkat suasana hatimu. Karena hobi umumnya memasukkan kesenangan ke dalam hidupmu, mempertahankan hobi bisa baik untuk rasa senangmu secara keseluruhan dalam bentuk berbagai manfaat hobi yang ditawarkan dari kegiatan kesukaanmu.

Menerima Gratifikasi

Juga dari psikologi positif, gratifikasi adalah aktivitas penting yang membawa makna dan kesenangan dalam hidup. Gratifikasi menghadirkan jenis tantangan yang mengharuskan kamu untuk menggunakan beberapa keterampilan pribadi terbaik kita dan melibatkanmu dalam perasaan mengalir, yang dapat menempatkan kita dalam keadaan hampir meditasi di mana kita lupa waktu dan merasa tersingkir dari stresor kehidupan. , dan sepenuhnya terlibat dalam apa yang kita lakukan.

Gratifikasi menjadi salah satu manfaat hobi yang dapat mengurangi stres dan rasa sejahtera, dan hobi biasanya dialami sebagai gratifikasi. Jika kamu menginginkan lebih banyak kebahagiaan dan lebih sedikit pengalaman stres dalam hidupmu, hobi memberikan rute langsung menuju kepuasan yang dapat mengarah pada hal ini.

Mencegah Kelelahan

Hobi menghadirkan rasa senang dan kebebasan dalam hidup yang dapat membantu meminimalkan efek stres kronis. Mereka yang merasa kewalahan dalam suatu pekerjaan, misalnya, dapat memperoleh manfaat dari hobi karena hobi menyediakan pelampiasan stres dan sesuatu yang dinanti-nantikan setelah hari (atau minggu) yang berat dalam pekerjaan yang penuh tekanan.

0 Komentar