4 Ulasan Resep Mie Kenyol Pekalongan Spesial untukmu, Cocok jadi Makanan Khas Idul Fitri!

mie kenyol pekalongan
Resep Mie Kenyol Pekalongan, Cocok Jadi Makanan Khas Idul Fitri! (Cookpad.com))
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Sajian mie selalu menjadi favorit banyak orang. Namun, tahukah kamu resep mie kenyol Pekalongan yang cocok jadi makanan khas idul fitri? Mie satu ini menjadi makanan yang khas dari kota yang dikenal akan hasil batiknya. 

Mie kenyol sendiri memiliki arti sebagai olahan mie yang teksturnya kenyal. Kamu pun dapat menikmati sajian ini dengan taburan bawang goreng renyah, kerupuk hingga gorengan. Supaya semakin lezat, kamu juga dapat menambahkan potongan cabai rawit di atas.

Lalu, bagaimana sih cara membuatnya? Yuk, simak resep mie kenyol Pekalongan yang wajib kamu coba berikut ini!

Baca Juga:6 Tips Mudik Naik Bus Supaya Aman dan Nyaman Selama Perjalanan6 Cara Terbaik Beli Tiket Mudik Pesawat, Pemula Wajib Tahu!

1. Sekilas Mengenai Mie Kenyol Pekalongan

Bagi warga Pekalongan, makanan satu ini merupakan makanan yang disajikan dengan cara sederhana. Ada yang menggunakan daun pisang hingga memakai kertas minyak. Mie kenyol Pekalongan biasanya disajikan dengan krupuk usek, kolah, kluba hingga gorengan. 

Sama halnya dengan mie pada umumnya, mie satu ini dibuat dari tepung tapioka. Pengolahannya sendiri cukup memakan waktu. Hasilnya sendiri berbentuk kerupuk mie yang mentah dengan warna kuning dan memiliki tekstur keting, keras serta lebar.

2. Bahan yang Dibutuhkan

ilustrasi orang yang sedang memasak masakan rumah (foto. Unsplash)

Tentunya, untuk memahami resep mie kenyol pekalongan kamu perlu mengetahui bahan apa saja yang diperlukan. Bahan yg diperlukan antara lain; 1 ikat mie kenyol yang kering, ½ kol yang diiris tipis, 2 buah tomat yang telah diiris, daun bawang, seledri dan kecap.

Sedangkan, untuk bahan bumbu halus kamu memerlukan 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 sendok teh ketumbar, 3 buah butir kemiri, 2 sendok teh merica, gula merah, kaldu bubuk dan garam secukupnya. Kamu dapat mengolahnya dengan cara memasukannya menggunakan cobek atau diblender.

3. Cara Membuatnya

Setelah menyiapkan bahan dan bumbu halus. Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan wadah berisi air panas. Hal ini diperlukan untuk merendam mie supaya lebih lembut saat dimakan. Rendam mie selama setengah jam hingga satu jam. Jika sudah lunak, segera tiriskan.

0 Komentar