Inilah 7 Keutamaan Silaturahmi, Terlebih Saat Lebaran

Keutamaan silaturahmi
Keutamaan silaturahmi, terlebih saat lebaran ( foto: freepik.com)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – Apasih Keutamaan silaturahmi? Pada bulan Syawal yang menjadi tradisi masyarakat adalah silaturahmi, masyarakat berbondong-bondong ingin mendapatkan keutamaan silaturahmi dengan mengunjungi kerabat di bulan Syawal.

Al-Imam Zakiyuddin Abdul Azhim al-Mundziri dalam kitab At-Targhib wat Tarhib minal Haditsis Syarif (Beirut, Darul Fikr, 1998 M/1418 H: juz III, halaman: 267-268) menyebutkan hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang menunjukkan keutamaan silaturahim.Dalam hadits ini Rasulullah SAW mengaitkan keimanan seseorang dengan silaturahmi, memuliakan tamu dan berkata yang baik. Berikut adalah hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang menjelaskan berkaitan hal tersebut.

عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم ضيفه ومن كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليصل رحمه ومن كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليقل خيرا أو ليصمت

Artinya: Dari Abu Hurairah RA dari Nabi Muhammad SAW ia bersabda: Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia menjaga hubungan baik silaturahim dengan kerabatnya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam. (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:Bagaimana Lafadz Niat Puasa Syawal dan Kapan Waktu Pelaksanaannya?Inilah 5 Keutamaan Puasa Syawal, Puasa dengan Pahala Satu Tahun

Mengutip dari NU Online, Syekh Sulaiman al-Bujairimi setidaknya menjelaskan 7 keutamaan silaturahmi dari berbagai hadits di dalamnya.

Kehangatan keluarga saat silaturahmi ( foto : freepik.com)

Inilah 7 keutamaan silaturahmi menurut syekh Sulaiman Al Bujairimi

  1. Ridha Allah

Keutamaan silaturahmi yang pertama adalah ridha Allah, karena perintah silaturahmi adalah perintah Allah.

  1. Membuat kerabat bahagia

وَقَدْ وَرَدَ فِي الْخَبَرِ إنَّ أَفْضَلَ الْأَعْمَالِ إدْخَالُ السُّرُورِ عَلَى الْمُؤْمِنِ

Artinya: Telah tersebut dalam sebuah hadits: Salah satu amal paling utama adalah idkhalus surur atau memasukkan kebahagiaan ke dalam hati orang yang beriman.

3. Bisa membuat bahagia malaikat

4. Melahirkan memori yang positif terhadap mereka yang bisa menjaga silaturahmi

5. Memberikan berkah umur

6. Memberikan berkah Rizki

Menambah pahala bagi merek yang menjaga silaturahmi kerabat-kerabatnya akan menyebutkan kebaikannya semasa hidup.

Itulah ulasan yang dijelaskan oleh Syekh Sulaiman al-Bujairimi berkaitan dengan keutamaan silahturahmi (*)

0 Komentar