Negative Self-Talk, 4 Konsekuensi Beracun Dari Praktik Ini

Negative self-talk
Negative self-talk. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Kita semua memiliki kritik batin, salah satunya negative self-talk. Terkadang suara kecil ini benar-benar dapat membantu dan membuat kita tetap termotivasi untuk mencapai tujuan—seperti saat mengingatkan kita bahwa apa yang akan kita makan tidak sehat atau apa yang akan kita lakukan mungkin tidak bijaksana.

Namun, suara ini seringkali lebih berbahaya daripada membantu, terutama ketika masuk ke ranah negatif yang berlebihan. Ini dikenal sebagai negative self-talk, dan itu benar-benar dapat menjatuhkan kita.

Negative self-talk adalah sesuatu yang sebagian besar dari kita alami dari waktu ke waktu, dan itu muncul dalam berbagai bentuk. Itu juga menciptakan tekanan yang signifikan, tidak hanya bagi kita tetapi juga bagi orang-orang di sekitar kita jika kita tidak berhati-hati. Inilah yang perlu kamu ketahui tentang negativs self-talk dan pengaruhnya terhadap tubuh, pikiran, kehidupan, dan orang yang kamu cintai.

Baca Juga:Explanatory Style: Cara Kamu Memberikan Penjelasan dan Perannya dalam Level StresmuIngin Jadi Lebih Optimis? Ini 5 Cara yang Wajib Kamu Jejaki

Apa itu Negative Self-Talk?

Negative self-talk dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Itu bisa terdengar membumi (“Aku tidak pandai dalam hal ini, jadi saya harus menghindari mencobanya demi keselamatan pribadiku,” misalnya) atau itu benar-benar berarti (“Aku tidak pernah bisa melakukan apa pun dengan benar!”). Ini mungkin tampak seperti penilaian situasi yang realistis (“Aku mendapat nilai C pada tes ini. Saya kira aku tidak pandai matematika.”), hanya untuk beralih ke fantasi berbasis rasa takut (“Aku tidak akan pernah bisa untuk pergi ke perguruan tinggi yang baik”).

Renungan kritik batinmu mungkin terdengar sangat mirip dengan orang tua atau teman kritis dari masa lalu. Itu dapat mengikuti jalur distorsi kognitif yang khas: membuat bencana, menyalahkan, dan sejenisnya.

Pada dasarnya, negative self-talk adalah dialog batin apa pun yang kamu lakukan dengan diri sendiri yang mungkin membatasi kemampuanmu untuk percaya pada diri sendiri dan kemampuanmu sendiri, serta untuk mencapai potensimu.

Pikiran apa pun yang mengurangi kemampuanmu untuk membuat perubahan positif dalam hidupmu atau kepercayaan diri untuk melakukannya. Jadi negative self-talk tidak hanya membuat stres, tetapi juga dapat benar-benar menghambat kesuksesanmu.

0 Komentar