9 Tips Cegah Dehidrasi saat Cuaca Panas

tips cegah dehidrasi saat cuaca panas
Ilustrasi cegah dehidrasi saat cuaca panas dengan minum air putih (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Tips cegah dehidrasi saat cuaca panas yang ekstrem perlu diketahui. Agar tubuh tidak dehidrasi. Pasalnya, jika tubuh kekurangan cairan bisa memengaruhi produktivitas kerja, bahkan bisa berakibat fatal.

Ilustrasi pusing akibat dehidrasi (Sumber foto: freepik.com)

Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh kekurangan cairan. Salah satu penyebabnya bisa akibat cuaca panas yang ekstrem.

Empat gejala umum yang harus diwaspadai jika seseorang mengalami dehidrasi adalah: 1) pusing, lelah, dan lemas; 2) rasa haus berlebihan, bibir kering; 3) keringat berlebihan; 4) pingsan. Agar tidak dehidrasi, simak tips cegah dehidrasi saat cuaca panas, mulai dari minum air putih hingga tidak mengonsumsi alkohol.

Baca Juga:Yuk Nikmati Pantai Sealine Sigandu Batang, Liburan Lebaran Murah Meriah, Uang 100 Ribuan, Anak-anak PuasNelayan Hilang di Perairan Laut Wonokerto, 2 Hari Melaut Nasib Nelayan Belum Diketahui Keberadaanya

Dampak Cuaca Panas Terhadap Tubuh

Cuaca yang ekstrem panas akan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Dilansir halodoc.com, jika tubuh dibiarkan berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama, Anda mungkin berisiko mengalami kondisi berikut:

  1. Heat Cramps

Kondisi heat cramps dapat terjadi pada kamu yang bekerja atau berolahraga di saat cuaca sedang sangat panas. Heat cramps juga bisa terjadi jika kamu melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat sangat banyak, tapi hanya sedikit minum air, sehingga tubuh kekurangan elektrolit. Akibatnya kamu akan mengalami kram otot yang biasanya terasa di betis, paha dan bahu.

  1. Heat Exhaustion

Heat exhaustion dapat terjadi saat tubuh berada di bawah suhu panas yang sangat tinggi dan biasanya disertai dengan dehidrasi. Ada dua jenis heat exhaustion, yaitu:

  • Kekurangan cairan. Ciri-cirinya adalah rasa haus yang sangat besar, lesu, sakit kepala dan pingsan.
  • Kekurangan garam yang dapat menyebabkan mual dan muntah-muntah, kram otot dan pusing.

Walaupun tidak termasuk kondisi yang serius, tapi heat exhaustion tetap tidak boleh dianggap ringan, karena dapat berkembang menjadi heat stroke.

Agar tidak dehidrasi saat cuaca panas, selalu siapkan bekal air minum (Sumber foto: freepik.com)

  1. Heat Stroke
0 Komentar