Meminimalisir Self-Talk Negatif, 10 Cara Ini Menjauhkan Dirimu dari Efek Buruknya

Tips meminimalisir self-talk negatif
Tips meminimalisir self-talk negatif. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

“Aku tidak tahan ini” menjadi, “Ini menantang.” “Aku benci…” menjadi, “Aku tidak suka…” dan bahkan, “Aku tidak suka…” Ketika self-talk dilakukan dengan menggunakan bahasa yang lebih lembut, sebagian besar kekuatan negatifnya diredam. Meminimalisir self-talk negatif menjadi lebih mudah untukmu.

Uji Silang Kritik Batinmu

Salah satu aspek yang merusak dari self-talk negatif adalah bahwa hal itu sering tidak terbantahkan. Lagi pula, jika itu terjadi di kepalamu, orang lain mungkin tidak menyadari apa yang kamu katakan dan karenanya tidak dapat memberi tahumu betapa salahnya dirimu.

Jauh lebih baik menangkap self-talk negatif dan bertanya pada diri sendiri seberapa benar itu, ketika kamu ingin meminimalisir self-talk negatif. Sebagian besar self-talk negatif adalah berlebihan, dan menyebut dirimu sendiri dalam hal ini dapat membantu menghilangkan pengaruhnya yang merusak.

Berpikir Seperti Teman

Baca Juga:Negative Self-Talk, 4 Konsekuensi Beracun Dari Praktik IniExplanatory Style: Cara Kamu Memberikan Penjelasan dan Perannya dalam Level Stresmu

Saat kritik batin kita sedang dalam kondisi terburuk, itu bisa terdengar seperti musuh terburuk kita. Seringkali kita akan mengatakan hal-hal di dalam kepala kita sendiri yang tidak akan pernah kita katakan kepada seorang teman. Mengapa tidak membalikkan ini dan—ketika kamu mendapati dirimu berbicara negatif di kepalamu sendiri—cobalah untuk membayangkan dirimu mengatakan ini kepada seorang teman yang berharga.

Jika kamu tahu kamu tidak akan mengatakannya dengan cara ini, pikirkan bagaimana kamu akan membagikan pemikiranmu dengan teman baik atau apa yang kamu ingin agar teman baikmu katakan kepadamu. Ini adalah cara yang bagus untuk meminimalisir self-talk negatif.

Ubah Perspektifmu

Terkadang melihat hal-hal dalam jangka panjang dapat membantumu menyadari bahwa kamu mungkin terlalu menekankan sesuatu. Misalnya, kamu mungkin bertanya pada diri sendiri apakah sesuatu yang membuatmu kesal akan benar-benar berarti dalam lima tahun atau bahkan satu tahun.

Cara lain untuk mengubah perspektif adalah dengan membayangkan bahwa kamu sedang mencari dan melihat masalahmu dari jarak jauh. Bahkan memikirkan dunia sebagai bola dunia dan dirimu sebagai orang yang sangat kecil di dunia ini dapat mengingatkan kamu bahwa sebagian besar kekhawatiranmu tidak sebesar kelihatannya. Ini seringkali dapat meminimalisir self-talk negatif, ketakutan, dan hal negatif lainnya.

0 Komentar