Inilah 7 Cara Menyusun Proposal Skripsi yang Harus Kamu Tahu

Proposal Skripsi
Cara menyusun Proposal Skripsi (Freepik.com)
0 Komentar

Maka penting sekali untuk membaca penelitian skripsi orang lain lalu merenungkannya kembali. Sebenarnya sangat mudah sekali ketika kamu terbiasa untuk menemukan masalah khususnya dalam konteks karya tulis ilmiah.

Beruntung sekali jika kamu salah satu mahasiswa yang sering membuat karya tulis ilmiah.

3. Membuat Latar Belakang Masalah

Kemudian ketika sudah menemukan masalah sebagai ide penelitian proposal skripsi, selanjutnya buat latar belakang masalah. Latar belakang masalah sangat dibutuhkan ketika membuat proposal penelitian skripsi.

Baca Juga:30+ Contoh Judul Skripsi yang Menarik Jurusan KPIApa itu Skripsi? Mulai dari Pengertian Hingga Karakteristik, Mudah Dipahami Kok!

Tentu saja berawal dari identifikasi permasalahan yang ditemukan saat membaca proposal peneliyian skripsi orang lain. Bagaimana obyek permasalahan itu kemudian ditarik sebagai ide penelitian skripsi.

4. Membuat Rumusan Masalah

Dalam membuat rumusan masalah harus relevan dengan latar belakang yang dibuat sejak awal. Kamu setidaknya menawarkan dua rumusan masalah yang mesti dijawab dalam penelitian skripsi kamu.

Hal ini sangat penting untuk  tahu hubungannya agar ketika ditanya penguji kamu tidak gelapan dan bingung. Bisa gonto kalau kamu nggak tahu apa kaitannya rumusan masalah dengan apa masalah yang diangkat. Paham kan?

5. Menentukan Landasan Teori

Proposal skripsi yang baik harus dilandasi toeri-teori yang menguatkan. Bahwa permasalahan yang kamu temukan itu memang berkaitan dengan toeri yang sudah dibuat oleh para akademisi terkemuka dan dibutuhkan jawaban untuk kepentingan masyarakat umum.

6. Membuat Kerangka Berpikir

Kerangka berpikir dibuat untuk memudahkan dirimu menentukan kea rah mana peneelitian yang akan dikerjakan. Berguna juga untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh dosen penguji seminar proposal skripsi kelak.

Buatlah semudah mungkin untuk dipahami dan disesuaiakan dengan identifikasi masalah dan rumusan masalah.

7. Menentukan Metodologi Penelitian

Terakhir adalah menenutukan pendekatan teori yang mau kamu gunakan. Pendekatan teori sangat menentukan penelitian skripsi pada pembahasan bab 2 sampai bab 4.

Baca Juga:Gaji Buruh Batik Pekalongan di Bawah UMR, Coba Lakukan 5 Hal iniKisah Mbah Kiai Surgi Pasekaran Batang yang Menarik untuk Disimak!

Dalam pembahasan metodologi penelitian juga dibahas kamu mau gunakan penelitian kualitatif atau kuantitatif. Jadi secara tegas sudah diputuskan mau ambil jenis penelitian apa sehingga kalau dosen Tanya kamu sudah paham.

Selain itu kamu harus tahu menggunakan sumber data apa yang akan digunakan. Tentu saja jenis penelitian sangat menentukan apa saja sumber data yang diperlukan.

0 Komentar