5 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat dengan Aman

cara mengatasi telinga tersumbat dengan aman
seorang wanita sedang mengalami telinga tersumbat (Freepik)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID- Cara mengatasi telinga tersumbat dengan aman. Pasti hampir semua orang pernah mengalami yang namanya telinga tersumbat, biasanya penyebab terjadinya telinga tersumbat disebabkan karena kotoran yang menumpuk, perubahan ketinggian, kemasukan air dan masalah lainnya.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi telinga tersumbat dengan aman?dilansir dari halaman halodoc.com inilah 5 cara mengatasi telinga tersumbat dengan aman yang perlu kamu coba ketika kamu sedang memgalaminya.

1. Meneteskan minyak esensial

Minyak esensial (Freepik)

Cara mengatasi telinga tersumbat dengan aman yang pertama adalah dengan meneteskan minyak esensial, minyak esensial berguna agar telinga tetap dalam keadaan lembab. Nah cara ini sangat efektif dilakukan jika telingamu tersumbat karena infeksi atau kotoran yang menumpuk didalamnya.

2. Kompres air hangat

Kompres (Freepik)

Baca Juga:7 Daftar Pinjaman Online Lewat Wa Terpercaya, Yuk Cek Disini!4 Zodiak yang Dapat Menyimpan Rahasia

Dengan mengompres telinga menggunakan air hangat dapat membantu untuk mengencerkan lender yang berada didalam telinga, serta dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Oleh Karena itu cara ini dipercaya ampuh untuk melancarkan aliran darah dan juga oksigen ke telinga.

Tak hanya itu saja dengan mengompres air hangat juga mampu menjadikan otot-otot ditelinga menjadi lebih rileks.

3. Konsumsi obat dekongestan

Cara mengatasi telinga tersumbat dengan aman yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi obat dekongestan, obat ini berfungsi untuk mencegah terjadinya pembengkakan di area selaput lendir yang biasanya sering menjadi penyebab terjadinya penyumbatan telinga.

Namun perlu diingat untuk menggunakan obat ini harus mendapatkan resep dari dokter terlebih dahulu, karena obat ini dilarang jika digunakan secara sembarangan. Dan juga harus sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan masalah yang kamu alami.

4. Memiringkan kepala

Banyak orang yang sering melakukan cara ini ketika mengalami masalah telinga tersumbat, biasanya orang-orang yang melakukan cara ini karena telinga mereka tersumbat yang disebabkan oleh kemasukan air.

Selain memiringkan kepala kamu juga bisa menggunakan bantuan mesin pengering rambut untuk membantu mengeluarkan sisa-sisa air yang masih berada didalam telinga.

0 Komentar