Tak Disangka, Opor Ayam Memiliki 8 Manfaat yang Sehat untuk Tubuh

opor ayam
Masih banyak yang berpikiran negatif terhadap opor ayam karena kandungan santan di dalamnya. berikut beberapa manfaat opor ayam yang sehat untuk tubuh. -freepik-
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.IDOpor ayam adalah salah satu menu makanan yang wajib ada ketika lebaran. Opor ayam memiliki cita rasa gurih yang ditimbulkan dari daging ayam yang berpadu dengan santan. Opor ayam biasanya dihidangkan dengan ketupat, lontong, bahkan nasi.

Opor yang berbahan dasar ayam dan santan dipercaya oleh kebanyakan orang menjadi pemicu kolesterol yang tinggi serta berbagai risiko penyakit lainnya. Namun siapa sangka opor ayam memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari fatsecret, database makanan dan penghitung kalori menjelaskan mengenai rincian gizi yang terkandung dalam 100 gram opor ayam yakni 163 kalori, 8,67 gram lemak, 5,6 gram karbohidrat, 16,53 gram protein. Hidangan kuliner ini yang kaya akan gizi serta nutri seperti kalsium, zat besi, vitamin, fosfor, hingga selenium.

Baca Juga:6 Manfaat Kacang Merah untuk Ibu Hamil, Wajib Tahu!6 Manfaat Air Hujan yang Baik untuk Kesehatan dan Harus Kamu Ketahui

8 Manfaat opor ayam yang baik untuk tubuh

Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada opor ayam menyimpan sejumlah fakta mengenai kesehatan. Adapun berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh adalah :

1.Mencegah anemia

Dilansir dari momsmoney, orang-orang yang menderita anemia atau kekurangan sel darah merah pada tubuhnya akan merasa mudah lelah serta tidak dapat melakukan berbagai aktivitas secara maksimal.

Adapun hal yang dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan adalah seseorang yang mengidap anemia dianjurkan untuk dapat mengonsumsi sejumlah makanan. Salah satunya yakni mengonsumsi makanan daging-dagingan. Dalam hal ini, hidangan kuliner ini juga dianggap memenuhi syarat karena berbahan dasar daging ayam.

2.Menambah imunitas dan daya tahan tubuh

Dalam jumlah porsi konsumsi yang normal. Kandungan zat besi yang berada dalam opor ayam mampu menunjang performa sistem pada kekebalan tubuh.

Daya tahan tubuh yang fit atau prima tentunya dapat melindungi tubuh dari serangan virus ataupun bakteri yang dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit. Selain rasanya yang enak, ternyata hidangan kuliner tersebut juga mampu untuk dapat menambah imunitas dalam tubuh.

3. Meredakan sariawan

Terdapat berbagai bumbu yang dapat menambah cita rasa opor ayam supaya lebih sedap. Adapun salah satunya adalah dari kemiri.

0 Komentar