Mengapa Banyak Orang yang Mempercayai Zodiak? Berikut 4 Alasan Menurut Psikologis

zodiak
Berikut 4 alasan psikologis mengenai ramalan zodiak -freepik-
0 Komentar

Lebih lengkap mengenai ramalan zodiak

Julian baggini juga menyebut hal ini semacam trik dalam memberikan harapan kepada para pembaca untuk dapat mempercayai kebenaran ramalan. Hal ini bukan berarti seluruhnya adalah hal yang salah, namun tanpa membaca ramalan sebetulnya informasi yang diberikan tersebut sudah diketahui oleh manusia. Jadi hal yang sebenarnya terjadi adalah tidak ada solusi yang diberikan kepada kehidupan manusia.

Melansir dari berbagai sumber, beberapa alasan mengapa banyak orang yang percaya dan bahkan menjadikan ramalan zodiak sebagai pegangan hidupnya:

1. Sebagai sarana dalam mencari kenyamanan

Astrologi dapat menjadi alat untuk seseorang mencari suatu kenyamanan dalam hidupnya. Sejarah menunjukkan bahwa orang yang umumnya percaya akan astrologi pada masa-masa sulit dan bagi sebagian orang dianggap mampu untuk dapat membantu melalui masa-masa sulit tersebut.

Baca Juga:6 Cara Mengatasi Rasa Bosan agar Hubungan Makin MesraRemaja dan Orang Tua Harus Tahu! Berikut 5 Jenis Gangguan Mental Pada Remaja

2. Menimbulkan perasaan mampu mengontrol diri

Seseorang yang mempercayai zodiak mampu memberikan perasaan bahwa kita mampu untuk dapat mengontrol sesuatu walaupun hal ini hanyalah sebuah ilusi. Kerapkali digunakan sebagai penguatan internal bahwa ia memiliki kontrol untuk dapat mendatangkan keberuntungan yang bisa untuk didapatkan dalam jarak waktu yang dekat jika melakukan apa yang dikatakan oleh ramalan zodiak.

3. Zodiak dapat sebagai alat untuk memvalidasi diri

Alasan yang selanjutnya adalah Orang yang lebih mempercayai ramalan seringkali menggunakannya sebagai cara untuk dapat memahami diri sendiri dan memvalidasi konsep diri. Umumnya orang yang mempercayai hal ini yang berupa pendapat positif dan menggunakannya sebagai alat untuk dapat mengonfirmasi dan mendorong untuk mampu mengembangkan bakat nyayang tidak dimiliki oleh semua orang.

4. Zodiak sebagai alat untuk mendapatkan kepastian terhadap sesuatu

Menjadi cara bagi seseorang untuk mendapatkan kepastian di tengah ketidakpastian. Terdapat begitu banyak pertanyaan mengenai kehidupan yang dapat mengisi benak seseorang. Zodiak menjadi salah satu cara kepada mereka untuk mendapatkan jawaban yang selama ini dicari terkait eksistensi diri, kepribadian hingga tujuan hidup personal. (*)

Sumber gambar: freepik

0 Komentar