Pengaruh Positif, Alasan Mengapa Ia Mampu Memerangi Stres

Pengaruh positif bantu kurangi stresmu
Pengaruh positif bantu kurangi stresmu. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID—Pengaruh positif atau positive affect mengacu pada kecenderungan seseorang untuk mengalami emosi positif dan berinteraksi dengan orang lain dan dengan tantangan hidup dengan cara yang positif. Sebaliknya, “pengaruh negatif” melibatkan mengalami dunia dengan cara yang lebih negatif, merasakan emosi negatif dan lebih banyak hal negatif dalam hubungan dan lingkungan.

Kedua emosi ini tidak bergantung satu sama lain, meskipun terkait; seseorang bisa tinggi dalam pengaruh positif dan negatif, tinggi hanya dalam satu, atau rendah dalam keduanya. Kedua kondisi tersebut memengaruhi hidup kita dalam banyak hal, terutama dalam hal stres dan cara kita menanganinya.

Pengaruh Positif dan Stres

Sumber: freepik.com

Positive affect dikaitkan dengan karakteristik orang lain yang cenderung lebih bahagia, seperti optimisme, ekstraversi, dan kesuksesan. Namun, pengaruh positif bukan sekadar produk sampingan dari kehidupan yang bahagia dan tidak terlalu membuat stres — ini adalah faktor yang memengaruhi.

Baca Juga:6 Efek Emosi Negatif, Bagaimana Ia Bekerja dalam Hidupmu?4 Tanda Vampire Energy, Orang yang Menyerap Energi Positifmu

Positive affect dapat membawa tingkat stres yang lebih rendah dengan sendirinya. Bukan hanya mereka yang ekstrover yang optimis dan sukses mengalami pengaruh positif karena mereka memiliki begitu banyak hal untuk dibahagiakan, dan stres mereka berkurang.

Kamu dapat mengalami ketahanan yang lebih besar terhadap stres hanya dengan menumbuhkan positive affect atau mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan suasana hati yang lebih baik lebih sering.

Memperluas dan Membangun Teori

Sumber: freepik.com

Psikolog Barbara Fredrickson telah secara ekstensif meneliti efek pengaruh positif terhadap stres dan telah menghasilkan model bagaimana pengaruh positif berinteraksi dengan ketahanan, yang dikenal sebagai teori “memperluas dan membangun” psikologi positif.

Fredrickson dan yang lainnya telah menemukan bahwa ketika kita meningkatkan suasana hati, ini dapat memperluas (atau memperluas) perspektif kita sehingga kita melihat lebih banyak kemungkinan dalam hidup kita, dan ini memungkinkan kita untuk lebih mudah memanfaatkan (untuk membangun) ini. sumber daya.

Sumber daya ini termasuk yang berikut:

Sumber daya fisik: Ini termasuk energi, stamina, kebugaran, kesehatan, dan kesehatan secara keseluruhan. Misalnya, jika suasana hatimu sedang baik, kamu mungkin memiliki lebih banyak motivasi untuk pergi ke gym dan membangun sumber daya fisikmu.

0 Komentar