8 Tips Terhindar dari Prokrastinasi, Kamu Perlu Coba

Tips Terhindar dari Prokrastinasi
Kebiasaan menunda pekerjaan sebetulnya merugikan diri sendiri. (unsplash.com)
0 Komentar

Tips Terhindar dari Prokrastinasi

1. Kenali penyebab prokrastinasi

Tips terhindar dari prokrastinasi yang pertama yakni Identifikasi faktor-faktor yang memicu kecenderungan Anda untuk menunda-nunda pekerjaan. Apakah itu kurangnya motivasi, ketidaknyamanan, atau ketakutan akan kegagalan. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat mengambil langkah-langkah konkret untuk mengatasi prokrastinasi.

2. Tetapkan tujuan yang jelas dan terukur

Tentukan tujuan yang spesifik, ukur kemajuannya, dan buat rencana kerja yang terperinci. Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda akan lebih termotivasi untuk memulai dan menyelesaikan tugas tepat waktu.

3. Bagi tugas besar menjadi tugas yang lebih kecil

Pekerjaan yang terlihat besar dan menakutkan seringkali menjadi alasan untuk ditunda. Pecahlah tugas besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dan lebih terjangkau. Fokus pada satu tugas kecil pada satu waktu dan rasakan kepuasan saat menyelesaikan masing-masing tugas. Jadi, pembagian tugas semacam ini juga jadi salah satu Tips terhindar dari prokrastinasi.

Baca Juga:Review Buku Atomic Habits: 4 Hal Kecil Menghasilkan Sesuatu yang Besar

4. Buat jadwal dan tenggat waktu

Buat jadwal yang teratur dengan menetapkan tenggat waktu untuk setiap tugas. Pastikan tenggat waktu tersebut realistis dan sesuai dengan kemampuan Anda. Melalui pengaturan waktu yang baik, Anda dapat menghindari menunda-nunda pekerjaan.

5. Hilangkan gangguan dan pencetus prokrastinasi

Identifikasi hal-hal yang sering mengganggu fokus Anda, seperti media sosial, perangkat elektronik, atau lingkungan yang bising. Hindari atau batasi akses ke hal-hal tersebut selama Anda bekerja, sehingga dapat mempertahankan konsentrasi.

6. Mulailah dengan tugas yang sulit atau tidak disukai terlebih dahulu

Selesaikan tugas yang paling menantang atau tidak disukai lebih awal dalam sesi kerja Anda, ketika energi dan motivasi masih tinggi. Ini akan membantu mengurangi tekanan dan memberikan rasa pencapaian yang memotivasi untuk melanjutkan tugas-tugas lainnya.

7. Belajar mengelola stres dan kecemasan

Berikutnya, tips terhindar dari prokrastinasi adalah belajar mengelola stres. Kecemasan terkait tugas dapat menjadi pemicu prokrastinasi. Pelajari teknik-teknik pengelolaan stres seperti pernapasan dalam, meditasi, olahraga, atau kegiatan relaksasi lainnya.

Dengan mengurangi stres dan kecemasan, Anda akan lebih mampu menghadapi tugas-tugas dengan fokus yang lebih baik.

0 Komentar