5 Sejarah Balap Mobil Paling Populer di Dunia

Sejarah Balap Mobil Paling Populer
Sejarah Balap Mobil Paling Populer. (Foto: freepik)
0 Komentar

Oleh Karena itu, banyak pabrikan yang ikut kompetisi ini sebagai wadah Inovasi bagi teknologi baru mereka tanpa harus memikirkan bentuk-bentuk mobil mereka.

Ajang balap Le Mans 24 Hour adalah hasil dari gagasan tiga tokoh balap terkenal yaitu Charles Farouk, Georges Durand, serta Emile Coquille. Di sela pameran otomotif Salon de L’Automobile di Paris tahun 1922, ketiganya sepakat untuk mewujudkan gagasan ini..

2. NASCAR (1947)

Diurutan kedua sejarah balap mobil paling populer ada NASCAR yakni kepanjangan dari Nasional Association for Stock Car Auto Racing atau asosiasi balap mobil stock/ Mobil standar yang sebenarnya tidak terlalu standar-standar banget.

Baca Juga:10 Game Offline Android dengan Grafik HD yang Memukau Mata8 Rahasia Cara Merawat Motor Agar Awet dan Panjang Umur

NASCAR, salah satu sejarah balap mobil paling populer dari Amerika (Foto: nascar)

Nah, terus kenapa dibilang stok? Alasannya karena pada saat awal terbentuknya, mobil-mobil yan dipakai adalah mobil para penjual minuman keras ilegal yang sering menyelundupkan barang haram tersebut menggunakan mobil stock/standar yakni Ford Club tahun 40-an.

Memang saat itu mobil Ford Club ini dianggap jauh dari kesan sporty tapi inilah strategi para penyelundup agar tidak menarik perhatian para polisi dan lama kelamaan memodifikasi mobilnya agar lebih kencang.

Namun, karena dengan berjalannya waktu kegiatan tersebut semakin sulit untuk dikerjakan membuat mobil-mobil angkutan tersebut banyak yang mangkrak. Sehingga pada tahun 1947, William Bill France SR seorang bisnisman mendirikan balapan resmi yang bernama Nascar untuk menghidupkan lagi para mesiner dengan kesan yang lebih positif.

Balapan ini cukup unik karena menggunakan droptrick atau track yang berbentuk oval dan hanya memiliki belokan ke kiri dengan kemiringan tertentu.

Selain itu spek mobil Nascar juga wajib memiliki kecepatan di atas 300 km/jam yang jika digeber terus-menerus akan susah untuk bermanuver tetapi juga memiliki durabilitas yang tinggi.

Itulah NASCAR, salah satu sejarah balap mobil paling populer. Hingga saat inipun balap NASCAR terus menjadi salah satu ajang motor sport yang paling populer di Amerika, serta menjadi industri multi-miliar dolar AS.

Baca Juga:3 Macam Resep Asinan Salak Cemilan Lezat di Hari Weekend5 Permasalahan yang Sering Muncul dalam Pernikahan, Kamu Wajib Tahu!

3. Formula One / F1 (1950)

Kemudian, diurutan ketiga sejarah balap mobil paling populer ada formula one atau F1. Ini merupakan sebuah kompetisi yang terlahir pada 13 Mei 1950. FIA berhasil menciptakan turnamen level dunia pertama yang kita kenal dengan sebutan F1 ini.

0 Komentar