5 Sejarah Balap Mobil Paling Populer di Dunia

Sejarah Balap Mobil Paling Populer
Sejarah Balap Mobil Paling Populer. (Foto: freepik)
0 Komentar

salah satu sejarah balap mobil paling populer, F1 sang kiblat balap mobil di dunia. (Foto: formula1)

F1 dinobatkan sebagai kiblat dari balapan mobil-mobil dunia dikarenakan terdapat banyak sekali evolusi dan juga inovasi dari F1 yang akhirnya diterapkan pada mobil sport hingga saat ini.

Jadi, hampir semua inovasi yang bisa kita rasakan saat ini merupakan pengembangan dari teknologi F1. kita bisa ambil sebuah contoh dari inovasi sasis monokok yang digunakan pada mobil F1 Lotus 24 pada tahun 1963 lalu dimana saat itu pengembangan ilmu Aero dinamika yang sebelumnya semua bentuk mobil F1 itu identik dengan bentuk seperti terong, kemudian berkembang dibuat menjadi lebih landai. Tidak lupa Ferarri juga ikut mempelopori pemakaian sayap pada tahun 1968.

Baca Juga:10 Game Offline Android dengan Grafik HD yang Memukau Mata8 Rahasia Cara Merawat Motor Agar Awet dan Panjang Umur

Selanjutnya ada perang mesin yang dimulai oleh Ferdinand Porsche dengan menciptakan mesin 4.400 cc bertenaga 295 horsepower, lalu ditanggapi juga oleh Mercedes dengan membuat mesin 4700 cc bertenaga 470 horsepower. Selain itu juga penerapan mesin turbo yang digunakan pada mobil F1.

Namun, karena alasan pengembangan dan inovasi yang semakin liar regulasi pun turut berubah seiring berjalannya kompetisi.

Regulasi tersebut seperti lebar mobil tidak boleh lebih dari 2 meter, tingginya tidak boleh lebih dari 1 meter dan penggunaan roda yang wajib hanya 4 buah saja. Terkhusus terkait regulasi 4 roda ini karena dulu sempat ada juga mobil F1 yang rodanya sampai 6 yakni inovasi dari Elf team tyrel P34 pada tahun 1977.

Semua regulasi tersebut diciptakan bukan lain agar kompetisi lebih adil dan kompetitif. Serta masih banyak yang lainnya lagi seperti standar keselamatan dan aturan balapan lainnya.

4. WRC (1973)

Diurutan keempat sejarah balap mobil paling populer ada WRC atau World Rally Championship. WRC awalnya adalah sebuah balapan yang awalnya Tanpa lintasan, tanpa batasan, tanpa pistop, tanpa batasan bentuk mobil juga membuat produsen mobil berlomba-lomba membuat mobil gila dengan teknologi yang sangat luar biasa.

WRC masuk jajaran sejarah balap mobil paling populer. (Foto: wrc)

Ajang kompetisi rally dimulai saat FIA mendirikan WRC pada tahun 1973 dengan melahirkan Grup E yang isinya mobil-mobil produksi yang sudah dimodifikasi, Lalu ada juga grup B yang berisi mobil sport dan grup N yang berisi mobil produksi standar.

0 Komentar