MasyaAllah, Inilah 6 Keutamaan Bulan Dzulqo’dah, Jangan Sampai Ketinggalan ya!

Bulan Dzulqo'dah
Inilah keutamaan bulan Dzulqo'dah ( foto : freepik.com)
0 Komentar

Radarpekalongan.idBulan Dzulqo’dah atau dzulkaidah adalah salah satu dari empat bulan mulia. Bulan kesebelas dari 12 bulan kalender Hijriyah ini hadir setelah bulan Syawal dilalui.

Sepeti bulan-bulan Hijriyah yang lainnya, bulan Dzulqo’dah juga memiliki amalan-amalan serta keutamaan yang bisa dirasakan oleh umat Islam.

Sesungguhnya Dzulqo’dah adalah berasal dari bahasa arab yaitu qu’ud yang bermakna duduk.

Baca Juga:Awas! Inilah Dampak Buruk Kekerasan pada Anak, Jangan Coba-coba!Jangan Sampai Masuk Rumah! Hewan ini Bisa Bikin Rezeki Seret Sampai Ditolaknya Ibadah, Ini Kata Gus Baha!

Maksud dari duduk ini adalah pada bulan ini sebagian bangsa Arab berisitirahat dari perang sehingga disebut bulan Dzulqo’dah.

Untuk menyambut bulan Dzulqo’dah, umat Islam perlu mengetahui keutamaan serta amalan yang dianjurkan dalam bulan ini.Lantas, apa saja keutamaan dan amalan yang dilakukan dalam bulan Dzulqo’dah?

Amalan dan keutamaan bulan Dzulqo’dah

Kamu perlu tahu amalan dan keutamaan bukan Dzulqo’dah agar kamu bisa mempersiapkan diri memanfaatkan momentum untuk memperoleh pahala yang lebih banyak dalam bulan ini.

  1. Termasuk ke dalam 4 bulan mulia

Keutamaan pertama dari bukan Dzulqo’dah adalah bulan ini termasuk salah satu dari empat bulan mulia.

Keempat bukan yang dimuliakan itu adalah Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa pada bulan ini bangsa Arab tidak melakukan perang, sehingga dinamakan bulan berisitirahat atau bersantai. Sehingga bulan ini dianggap sangat mulia.

“Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ (سورة التوبة: ٣٦)

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan yang diagungkan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab)” (QS at-Taubah: 36).

Baca Juga:Waspada Bagi Perempuan! Jauhi Perbuatan ini Agar Terhindar dari Api Neraka, Jangan Coba-cobaBegini lho Cara Mendidik Anak yang Sulit Diatur Agar Nurut pada Orang Tua

  1. Termasuk dalam ketiga bulan yang sah haji.

Selain termasuk bulan yang mulia, bulan Dzulqo’dah juga termasuk menjadi salah satu bulan dari tiga bulan yang sah haji, yaitu Syawal, Dzulqo’dah, dan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Artinya, jika kamu melakukan ibadah haji pada bulan ini termasuk sah hajinya. Sedangkan diluar waktu ini maka ihramnya tidak sah ihram hajinya.

0 Komentar