MasyaAllah, Inilah 6 Keutamaan Bulan Dzulqo’dah, Jangan Sampai Ketinggalan ya!

Bulan Dzulqo'dah
Inilah keutamaan bulan Dzulqo'dah ( foto : freepik.com)
0 Komentar

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌ (البقرة: ١٩٧)

Artinya: “Musim haji itu pada bulan-bulan yang telah dimaklumi (ditentukan)” (QS al-Baqarah: 197).

  1. Waktu Nabi Muhammad SAW melaksanakan ibadah umroh

Keutamaan bulan Dzulqo’dah berikutnya adalah Nabi Muhammad SAW selalu melaksanakan umroh pada bulan ini.

Sahabat Anas bin Malik radliyallahu ‘anhu meriwayatkan:

اعْتَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَرْبَعَ عُمَرٍ، كُلَّهُنَّ فِي ذِي القَعْدَةِ، إِلَّا الَّتِي كَانَتْ مَعَ حَجَّتِهِ، عُمْرَةً مِنَ الحُدَيْبِيَةِ فِي ذِي القَعْدَةِ، وَعُمْرَةً مِنَ العَامِ المُقْبِلِ فِي ذِي القَعْدَةِ، وَعُمْرَةً مِنَ الجِعْرَانَةِ، حَيْثُ قَسَمَ غَنَائِمَ حُنَيْنٍ فِي ذِي القَعْدَةِ، وَعُمْرَةً مَعَ حَجَّتِهِ (رواه البخاري) –

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berumrah sebanyak empat kali, semuanya pada bulan Dzulqa’dah kecuali umrah yang dilaksanakan bersama haji beliau, yaitu satu umrah dari Hudaibiyah, satu umrah pada tahun berikutnya, satu umrah dari Ji’ranah ketika membagikan rampasan perang Hunain dan satu lagi umrah bersama haji” (HR al-Bukhari).

Baca Juga:Awas! Inilah Dampak Buruk Kekerasan pada Anak, Jangan Coba-coba!Jangan Sampai Masuk Rumah! Hewan ini Bisa Bikin Rezeki Seret Sampai Ditolaknya Ibadah, Ini Kata Gus Baha!

  1. Menjadi 30 malam yang disebutkan oleh Allah

Keutamaan bulan Dzulqo’dah yang berikutnya adalah

Alla subhanahu wa ta’ala dalam firman-Nya;

وَوَاعَدْنَا مُوسَى ثَلَاثِينَ لَيْلَةً وَأَتْمَمْنَاهَا بِعَشْرٍ فَتَمَّ مِيقَاتُ رَبِّهِ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً، وَقَالَ مُوسَى لِأَخِيهِ هَارُونَ اخْلُفْنِي فِي قَوْمِي وَأَصْلِحْ وَلَا تَتَّبِعْ سَبِيلَ الْمُفْسِدِينَ (سورة الأعراف: ١٤٢)

Artinya: “Dan Kami telah menjanjikan kepada Musa untuk memberikan kepadanya kitab Taurat setelah berlalu tiga puluh malam (bulan Dzulqa’dah), dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh malam lagi (sepuluh malam pertama bulan Dzulhijjah), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya menjadi empat puluh malam. Dan Musa berkata kepada saudaranya, yaitu Harun,” (QS al-A’raf: 142).

  1. Nilai puasa Sunnah diatas bulan Sunnah lainnya

Salah satu amalan yang perlu dilakukan umat Islam dalam bulan Dzulqo’dah adalah puasa Sunnah. Karena jika puasa di dalam bulan ini maka pahalanya akan dilipatgandakan daripada bulan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan, dalam sebuah hadis dijelaskan:

وَصُمْ من الْحُرُمِ وَاتْرُكْ صُمْ مِنَ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ. وَقَالّ بِأُصْبُعِهِ الثَّلَاثِ يَضُمُّهَا ثُمَّ يُرْسِلُهَا (رواه أبو داود وابن ماجه)Artinya: “Berpuasalah dari bulan haram, tinggalkanlah dari bulan haram, berpuasalah dari bulan haram dan tinggalkanlah darinya.’ Nabi berisyarah dengan ketiga jarinya seraya mengumpulkan dan melepaskannya.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

  1. Berdoa dan berdzikir

Amalan terakhir yang bisa dilakukan oleh umat muslim dalam bulan Dzulqo’dah adalah berdzikir dan berdoa.

Meski berdzikir dan berdoa bisa dilakukan kapan saja, namun kamu bisa merasakan keutamaannya dalam bulan ini.

Ini karena, jika melakukannya di malam ke-15 Dzulakaidah, Allah SWT akan mengabulkan doa orang- orang yang meminta di malam ini.

0 Komentar