Digital Detox, 3 Cara Beristirahat dari Perangkat Digital untuk Kesehatanmu

Digital detox
Digital detox. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Jadilah Realistik

Jika kamu dapat melakukan digital detox lengkap untuk jangka waktu tertentu, itu mungkin sesuatu yang ingin kamu coba. Menjadi benar-benar terputus dapat terasa membebaskan dan menyegarkan bagi sebagian orang. Bagi banyak orang, sepenuhnya meninggalkan semua bentuk komunikasi digital mungkin tidak dapat dilakukan, terutama jika kamu benar-benar mengandalkan untuk tetap terhubung untuk pekerjaan, sekolah, atau kewajiban lainnya.

Ini tidak berarti kamu tidak dapat menikmati manfaat digital detox; kuncinya adalah memutuskan hubungan dengan sesuatu yang sesuai dengan jadwal dan hidupmu.

Jika kamu membutuhkan perangkat di siang hari untuk pekerjaanmu, cobalah melakukan detoksifikasi mini di penghujung hari kerja. Pilih waktu ketika kamu ingin mematikan perangkatmu, dan kemudian fokus menghabiskan malam sepenuhnya bebas dari hal-hal seperti media sosial, SMS, video online, dan gangguan elektronik lainnya.

Tetapkan Batas

Baca Juga:7 Ragam Pengaruh Teknologi dalam Hidupmu Menurut RisetPengaruh Media Sosial, Berkontribusi pada 5 Masalah Kesehatan Mental Ini

Meskipun tidak selalu mungkin atau bahkan lebih disukai untuk memutuskan sambungan sepenuhnya, menetapkan batasan kapan koneksi digital ini diizinkan untuk mengganggu waktumu dapat bermanfaat bagi kesehatan mentalmu.

Menetapkan batasan pada jenis dan waktu koneksi yang akan kamu lakukan membantu memastikan bahwa kamu dapat menikmati aktivitas dunia nyata sepenuhnya bebas dari pengalihan digital.

Lain kali ketika kamu mungkin ingin membatasi penggunaan perangkat digitalmu meliputi:

  • Saat kamu makan, terutama saat makan bersama orang lain
  • Ketika kamu bangun atau akan tidur
  • Saat kamu mengerjakan proyek atau hobi
  • Ketika kamu menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga
  • Sebelum kamu pergi tidur setiap malam

Penelitian menunjukkan bahwa membatasi penggunaan media sosialmu hingga sekitar 30 menit per hari dapat meningkatkan kesejahteraan secara signifikan, mengurangi gejala kesepian dan depresi.

Membatasi penggunaan perangkat seluler sesaat sebelum tidur juga dapat membantu. Satu tinjauan penelitian menemukan bahwa penggunaan perangkat media dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk, kurang tidur, dan rasa kantuk yang berlebihan di siang hari. Lewati berbaring di tempat tidur sambil memainkan ponselmu dan sebagai gantinya cobalah membaca buku atau majalah selama beberapa menit sebelum kamu tidur.

0 Komentar