Kecanduan Ponsel: 5 Tips untuk Membantumu Lepas dari Gadget

Kecanduan ponsel
Kecanduan ponsel. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Kecanduan ponsel mungkin tidak dikenali secara formal, tetapi bagi banyak orang, pikiran untuk tidak memiliki ponsel adalah hal yang mustahil. Ketika kita menjadi semakin tergantung pada ponsel untuk terhubung dengan orang lain, mengatur waktu kita, dan melacak informasi, tampaknya sulit untuk mengatasinya.

Bagi banyak orang, melihat ponsel mereka telah menjadi cara baru untuk menavigasi kompleksitas sosial kehidupan modern. Ini telah menjadi cara untuk menghindari situasi yang tidak nyaman, saat kamu mengangkat telepon untuk menghindari perhatian yang tidak diinginkan dari orang lain, cara untuk bertemu calon pasangan melalui situs kencan seperti Tinder, dan cara untuk mendapatkan validasi terus-menerus dengan memposting berbagai hal di sosial media dan mencari respons berupa komentar, suka, dan lainnya.

Tetapi tetap terhubung secara berlebihan yang cenderung pada kecanduan ponsel dapat mengganggu keterlibatanmu dalam hubungan dan pengalaman nyata, dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri, dan mengganggu tidur. Bahkan dapat menyebabkan kecanduan internet jika kamu terus-menerus online dan tidak dapat mematikannya.

Baca Juga:Digital Detox, 3 Cara Beristirahat dari Perangkat Digital untuk Kesehatanmu7 Ragam Pengaruh Teknologi dalam Hidupmu Menurut Riset

Cara Berhenti dari Kecanduan Ponsel dan Menjadi Lebih Hadir di Kehidupan Nyata

Sumber: freepik.com

Lalu apa yang harus kamu lakukan ketika ingin memutuskan sambungan dari kecanduan ponsel tetapi mengalami kesulitan? Tips ini dapat membantu.

Bertemu Tatap Muka

Baik untuk bisnis atau kesenangan, aturlah untuk bertemu langsung daripada mengandalkan kemudahan berkirim pesan atau berbicara di telepon. Jika kamu tidak dapat bertemu dengan mereka secara langsung, angkat telepon dan berbicaralah di telepon, alih-alih mengirim pesan.

Jika kamu memiliki suatu kabar dan kamu tahu bahwa kamu bisa bertemu teman di kemudian hari, jangan mengirim SMS atau memposting kabar tersebut di Facebook atau Instagram. Tunggu sampai kamu melihat temanmu itu, lalu beri tahu mereka kabar tentang dirimu secara lisan. Ini akan mencegah keterampilan verbal dan sosialmu memburuk melalui penggunaan SMS yang berlebihan untuk berkomunikasi — masalah besar bagi orang yang kecanduan ponsel.

0 Komentar