Kecanduan Ponsel: 5 Tips untuk Membantumu Lepas dari Gadget

Kecanduan ponsel
Kecanduan ponsel. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Saat kamu bersama orang lain, matikan atau abaikan ponselmu jika berdering—menerima panggilan di tengah percakapan adalah puncak dari netiket yang buruk.

Pilih Pengalaman Nyata Daripada Virtual

Buatlah pilihan sadar untuk memiliki pengalaman nyata daripada virtual. Alih-alih memeriksa internet untuk mendapatkan informasi, pergilah ke perpustakaan dan ambil buku. Alih-alih bermain video game, bergabunglah dengan tim atau klub catur. Keluar untuk melihat penghibur langsung, daripada melihat semuanya secara online.

Kamu mungkin menyukai kesederhanaan dan efisiensi melakukan segalanya dari ponselmu, tetapi ini tidak akan memberimu pengalaman terbaik atau paling bermakna.

Baca Juga:Digital Detox, 3 Cara Beristirahat dari Perangkat Digital untuk Kesehatanmu7 Ragam Pengaruh Teknologi dalam Hidupmu Menurut Riset

Ini akan meningkatkan kesehatan fisik dan mentalmu, serta mengurangi pola perilaku adiktif. Dan kamu mungkin menemukan bahwa dunia nyata lebih dinamis, beraneka segi, dan menyenangkan daripada dunia virtual.

Gunakan Kamar Tidur untuk Beristirahat

Komponen utama dari kebiasaan tidur yang baik, menjaga kamar tidurmu untuk tidur dan berhubungan seks serta kegiatan untuk beristirahat lainnya, dan meninggalkan ponselmu di ruangan lain di rumah tidak hanya akan meningkatkan kualitas tidurmu.

Ini akan mengurangi kemungkinan SMS dan telepon mengganggu waktu pribadimu. Dan jika kamu bergantung pada ponselmu untuk melihat video di media sosial, membaca cerita secara online, dan hiburan yang kamu pikir membuatmu rileks, kamu akan mengalami masalah terhadap waktu istirahatmu. Sebab, kamu tidak benar-benar beristirahat dengan baik karena tetap melakukan kegiatan yang cenderung pada kecanduan ponsel.

Hargai Ruang Kosong di Harimu

Salah satu alasan mengapa kamu mengalami kecanduan ponsel adalah karena sangat mudah untuk mengeluarkannya setiap kali kamu memiliki ruang kosong di harimu.

Konsekuensi yang tidak menguntungkan dari hal ini adalah rasanya membuang-buang waktu setiap kali kamu tidak memeriksa email saat kamu tidak terlibat dalam aktivitas lain. Namun ruang kosong itu penting untuk merasa nyaman dengan diri sendiri, dan proses menjadi diri sendiri, yang merupakan bagian penting dari kesehatan mental. Gunakan waktu ini untuk melatih kesadaran atau teknik relaksasi lainnya.

Tetapkan Batasmu Sendiri

Alih-alih secara otomatis berpikir kamu harus membawa ponselmu setiap saat, tetapkan batasan kapan kamu akan atau tidak akan melihatnya.

0 Komentar