Kesulitan Mengatasi Nomophobia, 7 Cara Ini Akan Membantumu

Cara mengatasi nomophobia
Cara mengatasi nomophobia. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Bertahan dalam Nomophobia

Jika kamu merasa menderita nomofobia atau merasa menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengelola penggunaan perangkat dengan lebih baik.

Tetapkan batasan. Tetapkan aturan untuk penggunaan perangkat pribadimu. Mengatasi nomophobia dengan menetapkan batasan mungkin berarti menghindari perangkat selulermu pada waktu-waktu tertentu, seperti saat makan atau sebelum tidur.

Temukan keseimbangan. Sangat mudah untuk menggunakan teleponmu untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain. Berfokuslah untuk mendapatkan interaksi pribadi dengan orang lain setiap hari.

Baca Juga:Penyebab Nomophobia, Mengapa Kamu Takut Jauh dari PonselNomophobia: Takut yang Melanda Saat Jauh dari Ponsel

Beristirahatlah sejenak. Mungkin sulit untuk menghentikan kebiasaan ponsel, tetapi memulai dari yang kecil dapat membuat transisi menjadi lebih mudah. Mulailah dengan melakukan hal-hal kecil seperti meninggalkan ponselmu di ruangan lain saat makan atau saat kamu melakukan aktivitas lain.

Temukan cara lain untuk mengisi waktumu. Jika ternyata kamu menggunakan ponsel secara berlebihan karena bosan, cobalah mencari aktivitas lain untuk mengalihkan perhatianmu dari perangkat dan berhasil mengatasi nomophobia. Cobalah membaca buku, berjalan-jalan, berolahraga, atau melakukan hobi yang kamu sukai.

Nomophobia adalah masalah yang berkembang bersama dengan ketakutan dan kecanduan perilaku lainnya yang terkait dengan penggunaan teknologi. Mengingat betapa bergantungnya banyak orang pada ponsel mereka untuk bekerja, sekolah, berita, hiburan, dan keterhubungan sosial, ini bisa menjadi masalah yang sangat sulit untuk diatasi.

Menghentikan penggunaan ponsel sepenuhnya tidak realistis, tetapi mempelajari cara menetapkan batasan dan batasan tentang seberapa banyak kamu membiarkan ponsel mengontrol hidupmu dapat membantu. Beristirahat sesekali dari ponselmu, terlibat dalam aktivitas terpisah dari ponselmu, dan menemukan gangguan untuk membuatmu sibuk daripada bermain ponsel tanpa berpikir adalah tempat yang baik untuk memulai.

**AN

Referensi Verywellmind

0 Komentar