Penyebab Nomophobia, Mengapa Kamu Takut Jauh dari Ponsel

Penyebab nomophobia menghantuimu
Penyebab nomophobia menghantuimu. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Nomofobia adalah bentuk singkatan dari “fobia tanpa ponsel”. Di mana terdapat penyebab nomophobia yang beragam, termasuk bagaimana ponsel berpengaruh besar terhadap pekerjaan manusia dan aktivitas mereka dalam keseharian.

Istilah nomophobia pertama kali diciptakan dalam sebuah studi tahun 2008 yang ditugaskan oleh Kantor Pos Inggris. Dalam sampel lebih dari 2.100 orang dewasa, penelitian menunjukkan bahwa 53% peserta mengalami ketakutan atau phobia jenis ini. Kondisi tersebut ditandai dengan perasaan cemas saat orang kehilangan ponsel, kehabisan baterai, atau tidak memiliki jangkauan seluler.

Sebelum membahas penyebab nomophobia, kamu perlu mengetahui bagaimana karakteristiknya. Dalam sebuah studi tahun 2015, para peneliti mengidentifikasi beberapa dimensi utama dari nomophobia. Ketakutan tanpa ponsel berpusat pada:

Baca Juga:Nomophobia: Takut yang Melanda Saat Jauh dari PonselKecanduan Ponsel: 5 Tips untuk Membantumu Lepas dari Gadget

  • Tidak mampu berkomunikasi dengan orang lain
  • Merasa umumnya terputus
  • Tidak dapat mengakses informasi
  • Meninggalkan sebuah kenyamanan

Orang dengan fobia ini terus-menerus memeriksa ponsel mereka, membawa ponsel ke mana pun mereka pergi (termasuk kamar mandi dan kamar mandi), menghabiskan berjam-jam sehari menggunakan ponsel, dan mengalami perasaan tidak berdaya saat terpisah dari ponsel.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan ponsel yang sering atau kompulsif terkait dengan peningkatan stres, kecemasan, dan depresi. Penggunaan telepon yang berlebihan telah dikaitkan dengan sejumlah efek negatif yang mencakup penurunan nilai, peningkatan kecemasan, kepuasan hidup yang lebih rendah, dan rasa kesejahteraan yang lebih rendah secara keseluruhan.

Penyebab Nomophobia

Ada sejumlah penyebab nomophobia yang menjadi alasan mengapa orang mengalami gejala phobia jenis ini.

Kegunaan Ponsel untuk Tugas Sehari-hari

Kegunaan ponsel memainkan peran kunci sebagai penyebab nomophobia menghantui orang-orang. Smartphone mampu melakukan banyak hal; orang menggunakan ponsel mereka untuk tetap berhubungan, untuk meneliti hal-hal yang diminati, untuk menjalankan bisnis, untuk tetap teratur, untuk berbagi informasi pribadi, dan bahkan untuk mengelola uang.

Karena orang sekarang beralih ke ponsel mereka untuk banyak tugas penting, mungkin tidak mengherankan jika orang takut tanpa perangkat mereka. Tanpa ponse, kamu dapat membuat orang merasa terputus dan terisolasi dari aspek penting kehidupan mereka termasuk teman, keluarga, pekerjaan, keuangan, dan informasi.

0 Komentar