7 Tips Menabung: Rahasia Membangun Tabungan yang Kuat

Tips menabung
Ilustrasi menabung. (Jcomp/freepik)
0 Komentar

4. Kurangi Pengeluaran Tidak Perlu

Tips menabung yang lainnya adalah periksa kebiasaan pengeluaran Anda dan temukan area di mana Anda dapat mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Misalnya, mungkin Anda bisa memotong biaya makan di luar atau minuman kopi di kedai dengan membawa bekal dari rumah atau memasak sendiri.

Hindari pembelian impulsif dan evaluasi dengan kritis setiap kali anda ingin membeli sesuatu. Pertanyakan apakah itu adalah kebutuhan yang benar-benar penting atau hanya keinginan sementara. Dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, Anda akan memiliki lebih banyak uang untuk ditabung.

5. Buatlah Rekening Terpisah

Salah satu cara efektif untuk menabung adalah dengan mengautomatisasi prosesnya. Buatlah rekening tabungan terpisah yang secara otomatis menerima sejumlah uang setiap bulan dari rekening gaji atau rekening utama anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir melupakan atau tergoda untuk tidak menabung karena prosesnya sudah berjalan secara otomatis.

Baca Juga:6 Keuntungan Menabung yang Perlu Kamu Ketahui6 Fakta Film Oppenheimer, Film Yang Wajib Ditonton 2023

6. Selalu Simpan Uang Kecil

Saat Anda menerima kembalian atau uang receh, jangan remehkan nilainya. Kumpulkan uang receh tersebut dan simpan di tempat yang aman. Anda akan terkejut melihat betapa cepat jumlahnya bisa bertambah. Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi perbankan digital yang memungkinkan anda untuk membulatkan pembelian.

7. Memulai Investasi

Tips menabung yang terakhir adalah Anda bisa mengalokasikan tabungan tersebut ke instrumen investasi. Anda memang bisa menabung di rekening bank atau bahkan celengan. Hanya saja, nilai dari uang tersebut bisa saja turun karena adanya inflasi.

Di samping itu, Anda juga akan dikenakan biaya administrasi sekiranya menabung di bank. Lain halnya jika Anda menabung melalui instrumen investasi, karena nilai tabungan Anda akan terus bertumbuh atau setidaknya terjaga dan tidak turun. 

Ada beberapa instrumen investasi, yaitu saham, reksadana, obligasi, dan sebagainya. Namun, setiap bentuk menabung atau investasi memiliki risiko yang perlu dipertimbangkan dan disesuaikan dengan tujuan keuangan dan toleransi risiko Anda.

Menabung memerlukan disiplin dan komitmen untuk secara konsisten menyisihkan sebagian pendapatan. Diperlukan kebiasaan rutin untuk menyisihkan sejumlah uang dari pendapatan dan mengalokasikannya untuk tabungan.

0 Komentar