Yuk! Intip 6 Kandungan Nutrisi Buah dan Sayuran Berdasarkan Warnanya, Ajaib Tiap Warna Punya Manfaat Berbeda

nutrisi buah dan sayuran berdasarkan warnanya
Kandungan nutrisi buah dan sayuran akan spesifek tiap warnanya (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

Sayur dan buah dengan warna kuning dan oranye di antaranya ada wortel, ubi jalar, paprika kuning, pisang, nanas, labu, dan jagung.

  1. Biru dan Ungu

Blueberry, blackberry, kubis merah atau ungu, terong, dan plum merupakan sayur dan buah berwarna biru dan ungu. Buah berwarna ungu berfungsi sebagai antiinflamasi, antioksidan, meningkatkan fungsi otak, dan bisa menurunkan risiko kanker tertentu.

Bluebery (Sumber foto: freepik.com)

  1. Merah Gelap

Buah dan sayur berwarna merah gelap, diantaranya adalah buah bit dan buah pir berduri. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah berwarna merah gelap di antaranya adalah serat, folat, magnesium, kalium, dan vitamin B6. Buah dan sayur berwarna merah gelap bisa dijadikan sebagai antiinflamasi, antioksidan, dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Baca Juga:Bawaslu Ajak Masyarakat Ikut Awasi Tahapan Pemilu 2024, Pelanggaran Pemilu Bisa DitekanKunjungi Polsek Karanganyar dan Lebakbarang, AKBP Wahyu Rohadi Ajak Warga Jaga Kamtibmas Tetap Aman dan Kondusif Jelang Pemilu 2024

  1. Putih dan Cokelat

Buah dan sayur berwarna putih atau cokelat contohnya seperti kol, bawang putih, jamur, lobak, dan daun bawang. Buah dan sayur berwarna putih atau cokelat ini mengandung serat, folat, magnesium, kalium, dan vitamin B6. Buah dan sayur yang masuk kategori ini dapat berfungsi sebagai antiinflamasi, antioksidan, menurunkan risiko kanker usus besar, dan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Jamur (Sumber foto: freepik.com)

Dengan kandungan nutrisi di atas, tak heran banyak ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang berbeda-beda warnanya, karena kandungan nutrisi buah dan sayuran berdasarkan warnanya tak sama. Masing-masing warna kandungan nutrisinya sangat sepesifik dan baik bagi tubuh. Makanya disarankan dalam 1 piring makanan kita setidaknya sayuran dan buahan kita harus berwarna-warni.

Itulah 6 kandungan nutrisi buah dan sayuran berdasarkan warnanya. Semoga bermanfaat. (had)

0 Komentar