Resep Matcha Latte Ala Cafe, Cukup 5 Bahan! Wajib Coba di Rumah

resep matcha latte ala cafe
iced matta latte. (freepik)
0 Komentar

Tips Memilih Bubuk Matcha yang Baik

  • Berwarna hijau segar atau cerah

Bubuk matcha yang baik itu berwarna hijau cerah lho sobat, ini karena matcha terbuat dari daun teh hijau muda yang berwarna hijau cerah.

  • Aromanya  tajam

Selain warna, aroma juga berpengaruh. Bubuk matcha memiliki aroma yang khas, semakin tajam baunya menandakan bahwa kadar asam amino tinggi, yang artinya matcha tersebut murni alias tidak mengandung bahan campuran.

  • Memiliki tekstur yang halus

Tingkat kehalusan sendiri berdasarkan hasil penumbukan dari daun teh tersebut. Jika penumbukan menggunakan mesin yang bagus atau berkualitas, maka bubuk yang dihasilkan menjadi sangat halus, begitu juga sebaliknya.

Baca Juga:Serba-serbi Game Mobile Legends: 3 Mode Asyik, Solusi Move On dari Lose StreakEfektif! Ini 3 Cara Mengatasi Mesin Vespa Ngadat di Jalan

  • Tidak menggumpal

Bubuk matcha yang bagus biasanya akan mudah larut dalam air dan tidak menyisakan gumpalan, baik itu di air panas atau dingin, karena tekstur dari bubuk matcha yang sudah halus tadi.

  • Tidak pahit

Bubuk matcha yang baik biasanya memiliki cita manis yang alami. Berbeda dengan dengan kualitas rendah biasanya akan cenderung memiliki after taste yang pahit di lidah dan cukup mengganggu tenggorokan.

2. Susu Cair

Susu segar botol. (jcomp.freepik.com)

Bahan yang dibutuhkan Resep matcha latte ala cafe dalam berikutnya adalah susu cair, kamu bisa menggunakan jenis susu UHT yang bisa dibeli di supermarket terdekat. Gunakan varian rasa yang full cream, agar tidak bertabrakan dengan rasa dari bubuk matcha.

3. Kental Manis

Selanjutnya yaitu kental manis, setelah menggunakan susu UHT, kamu perlu menambahkan sedikit kental manis sebagai perisa. Oiya, untuk tingkat kemanisannya bisa disesuaikan dengan selera kamu.

4. Creamer

Selanjutnya ada creamer, creamer ini bisa dibilang bahan opsional karena sebenarnya cremer tidak begitu mempengaruhi rasa. Creamer hanya akan memberikan foam pada saat proses stirring.

5. Es Batu

Yups, untuk bahan yang satu ini tidak boleh ketinggalan dong. Apalagi ditambah dengan cuaca yang sedang panas, mengonsumsi matcha latte dengan es adalah nikmat yang tiada duanya.

Setelah berkenalan dengan bahan-bahannya, sekarang waktunya kamu tahu bagaimana resepnya agar matcha latte kamu tidak kalah dengan resep yang ada di café-café. Simak dan catat baik-baik ya!

0 Komentar