Solusi Kesulitan Tidur, Manfaatkan 4 Latihan Pernapasan Ini

Solusi kesulitan tidur dengan latihan pernapasan
Solusi kesulitan tidur dengan latihan pernapasan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Ada banyak variasi pada tema penghitungan nafas ini. Misalnya, kamu dapat menghitung mundur dari 99 untuk membantumu tertidur. Lihat apa yang paling cocok untukmu dan praktikkan sampai kamu merasa mengantuk.

Menghitung menjadi salah satu solusi kesulitan tidur karena dapat membantu mu berfokus pada pernapasan, yang mengarah ke pernapasan yang lebih dalam dan mengurangi kecenderungan untuk menarik napas pendek di malam hari.

Citra Pernafasan

Berfokus pada ritme pernapasanmu adalah solusi kesulitan tidur lain yang membantumu tertidur. Langkah-langkah berikut memungkinkanmu memanfaatkan metode menjadi rileks pada waktu tidur.

Baca Juga:3 Latihan Pernapasan untuk Tidur yang Lebih BaikMengapa Kamu Tidak Tidur dengan Nyenyak Setiap Malam? Ini 4 Alasannya

  • Berbaringlah di tempat tidur dan mulailah berfokus pada relaksasi yang kamu rasakan saat menghembuskan napas.
  • Rasakan tempat tidurmu menopangmu saat kamu turun ke keadaan rileks saat kamu mengeluarkan napas.
  • Saat kamu menjadi lebih rileks, fokuskan napasmu dan perhatikan bagaimana perasaanmu saat melakukannya. Contoh sensasi mungkin termasuk tenggelam ke tempat tidur, perasaan hal-hal melambat, perasaan berat, atau bahkan terkadang merasa seperti kamu memiliki lebih banyak kesabaran.
  • Saat kamu menjadi rileks, mulailah membayangkan bahwa napasmu terdiri dari warna-warna. Perhatikan saat kamu bernapas masuk dan keluar dan lihat warna-warna itu cocok dengan napasmu. Jangan memaksakan apa pun atau mencoba menempatkan kotakmu sendiri di sekitarnya — biarkan dirimu masuk ke dalam pengalaman dan lihat apa yang muncul di benakmu.
  • Fokus hanya pada napasmu sampai kamu tertidur.

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi perumpamaan adalah cara yang ampuh untuk bersantai dan harus selalu dianggap membantu saat Anda melakukan latihan pernapasan untuk membantu dirimu melambat sebelum tidur.

Visualisasi untuk Melepaskan Energi

Saat mencoba untuk tertidur, akan sangat membantu jika kamu dapat melakukan latihan yang membantu merilekskan pikiran dan tubuhmu. Ini adalah cara untuk mengeluarkan energi dan bersiap untuk tidur sebagai solusi kesulitan tidur yang kamu hadapi.

Untuk mempraktikkan teknik ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Bayangkan kekhawatiran, stres, atau kecemasan di dalam dirimu adalah gas berwarna dan memenuhi setiap sudut tubuhmu.
  • Bayangkan saat kamu mengeluarkan napas, gas berwarna ini dikeluarkan dari setiap bagian tubuhmu dan saat keluar, kamu mulai rileks. Bayangkan itu bergerak dari tubuh bagian bawah ke atas melalui tubuhmu dan berkumpul dalam sebuah bola yang siap untuk dikeluarkan.
  • Bayangkan sekarang energi yang sama ditarik dari kepalamu ke dalam bola energi. Rasakan bahwa ketenangan telah memasuki semua area di mana energi itu telah pergi.
  • Sekarang, bayangkan bola energi berisi semua energi negatifmu seperti kecemasan dan ketakutanmu. Visualisasikan itu menembak dari atas kepalamu dan naik ke atmosfer seperti bintang jatuh.
  • Sekarang, perhatikan bagaimana kamu merasa rileks, tenang, dan siap untuk tidur.
0 Komentar