“Apakah Aku Tidak Pantas Dicintai?”: Mengapa Kamu Bisa Merasakan Ini dan Bagaimana Mengatasinya

Saat kamu merasa tidak pantas dicintai
Saat kamu merasa tidak pantas dicintai. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Penerimaan dan cinta adalah kebutuhan dasar manusia. Abraham Maslow, seorang psikolog yang mempelajari motivasi dan kebutuhan, mengidentifikasi “cinta dan kepemilikan” sebagai salah satu dari lima kebutuhan manusia yang esensial untuk menjalani hidup kita sepenuhnya. Namun, terkadang orang justru merasa tidak pantas dicintai.

Banyak orang khawatir bahwa mereka kekurangan rasa memiliki dan penerimaan yang mereka perlukan untuk memenuhi kebutuhan ini. Mereka merasa tidak berharga atau tidak mampu dicintai oleh orang lain—membuat mereka bertanya, “Apakah aku tidak pantas dicintai?”

Pelajari alasan mengapa kamu mungkin merasa tidak pantas dicintai dan cara mengatasi perasaan ini.

Baca Juga:Merasa Tidak Diinginkan dalam Hubungan, 4 Hal untuk DilakukanSolusi Kesulitan Tidur, Manfaatkan 4 Latihan Pernapasan Ini

Apa Artinya Merasa Tidak Pantas Dicintai

Seseorang yang mempertanyakan, “Apakah aku tidak dicintai?” memiliki kekhawatiran tentang apakah mereka adalah orang yang tidak dicintai, atau memang tidak dapat dicintai.

Perasaan tidak pantas dicintai dapat dialami dalam berbagai cara:

  • Seseorang mungkin merasa bahwa mereka pada dasarnya buruk dengan cara yang membuat orang lain tidak mungkin mencintai mereka.
  • Seseorang yang telah melakukan kesalahan dalam hidupnya mungkin merasa bahwa mereka tidak pantas untuk dicintai, atau siapa pun yang mengetahui apa yang telah mereka lakukan tidak akan mencintai mereka.
  • Seseorang yang mendorong orang menjauh atau terlibat dalam perilaku sabotase diri mungkin berpikir bahwa pilihan ini berarti mereka tidak pantas mendapatkan cinta.
  • Penting untuk diingat bahwa, bahkan jika kamu merasa bahwa kamu tidak dapat dicintai atau tidak layak mendapat penghargaan positif dari orang lain, ini tidak berarti bahwa itu benar.

Penyebab Merasa Tidak Pantas Dicintai

Apa yang membuat kamu merasa tidak pantas dicintai? Seseorang mungkin percaya bahwa mereka tidak dapat dicintai karena berbagai alasan, dan banyak orang mengalami perasaan ini di beberapa titik dalam hidup mereka.

Alasan mengapa seseorang mungkin merasakan hal tersebut meliputi:

Depresi. Orang yang mengalami depresi seringkali mengalami distorsi kognitif atau pemikiran dan keyakinan yang tidak berdasarkan kenyataan. Ketika kamu mengalami depresi, otakmu mungkin memberitahumu bahwa kamu tidak dapat dicintai.

0 Komentar