“Apakah Aku Tidak Pantas Dicintai?”: Mengapa Kamu Bisa Merasakan Ini dan Bagaimana Mengatasinya

Saat kamu merasa tidak pantas dicintai
Saat kamu merasa tidak pantas dicintai. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Masalah gaya keterikatan. Orang mengembangkan gaya keterikatan di awal kehidupan berdasarkan pengalaman dengan pengasuh. Mereka yang mengembangkan gaya keterikatan tidak aman mungkin merasa bahwa mereka tidak pantas mendapatkan cinta dari orang-orang dalam hidup mereka.

Melecehkan. Orang-orang dalam hubungan yang melecehkan secara emosional sering kali merasa tidak layak untuk dicintai. Hal ini karena pelaku mungkin memberi tahu korbannya bahwa mereka tidak pantas mendapatkan perlakuan yang lebih baik, bahwa mereka tidak layak untuk dicintai, atau bahwa tidak ada orang lain yang menginginkan atau memperlakukan mereka dengan lebih baik. Ini adalah bentuk gaslighting.

Rendah diri. Jika harga dirimu rendah, kamu mungkin percaya bahwa kamu tidak pantas mendapatkan cinta atau diperlakukan dengan baik oleh orang lain.

Baca Juga:Merasa Tidak Diinginkan dalam Hubungan, 4 Hal untuk DilakukanSolusi Kesulitan Tidur, Manfaatkan 4 Latihan Pernapasan Ini

Trauma. Banyak penyintas trauma merasa tidak dicintai karena trauma yang mereka alami. Mereka mungkin percaya bahwa mereka pantas menerima apa yang terjadi dan apa pun yang membuat mereka pantas menerima trauma juga membuat mereka tidak layak untuk dicintai.

Penting untuk diingat bahwa, bahkan jika kamu merasa bahwa dirimu tidak pantas dicintai atau tidak layak mendapat penghargaan positif dari orang lain, ini tidak berarti bahwa itu benar.

Konsekuensi Merasa Tidak Pantas Dicintai

Merasa tidak dicintai dapat memengaruhi kehidupan dan hubunganmu dalam banyak hal. Orang yang merasa tidak dapat dicintai mungkin terlibat dalam perilaku yang menyenangkan orang lain dan bergumul untuk menyadari ketika seseorang memanipulasi atau mengambil keuntungan dari mereka. Ini karena mereka percaya bahwa mereka perlu mendapatkan cinta.

Seseorang yang merasa tidak pantas dicintai mungkin mengalami kesulitan menetapkan batasan yang sehat. Karena manusia memiliki kebutuhan yang melekat untuk dicintai dan diterima, seseorang yang merasa tidak dapat dicintai mungkin merasa tidak mampu menetapkan batasan karena mereka akan mengorbankan kebutuhan mereka yang lain untuk membuat hubungan ini. Mereka mungkin tidak menyadari bahwa mereka pantas diperlakukan dengan baik oleh orang-orang yang mereka sayangi.

Karena orang yang merasa tidak layak dicintai bergumul dengan menetapkan dan mempertahankan batasan, dan orang yang kasar berusaha mengeksploitasinya. Orang yang melakukan kekerasan akan memanipulasi kebutuhan korbannya akan cinta dan kemudian menganiaya mereka. Penting untuk diingat bahwa tidak seorang pun pantas dilecehkan, dan perilaku ini tidak pernah pantas atau dapat diterima.

0 Komentar