“Apakah Aku Tidak Pantas Dicintai?”: Mengapa Kamu Bisa Merasakan Ini dan Bagaimana Mengatasinya

Saat kamu merasa tidak pantas dicintai
Saat kamu merasa tidak pantas dicintai. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Karena manusia memiliki kebutuhan yang melekat untuk dicintai dan diterima, seseorang yang merasa tidak dapat dicintai mungkin merasa tidak mampu menetapkan batasan karena mereka akan mengorbankan kebutuhan mereka yang lain untuk membuat hubungan ini. Mereka mungkin tidak menyadari bahwa mereka pantas diperlakukan dengan baik oleh orang-orang yang mereka sayangi.

Mengatasi Perasaan Tidak Pantas Dicintai

Jika kamu yakin bahwa kamu tidak dapat dicintai, hal pertama yang harus diingat adalah bahwa perasaan bukanlah fakta. Hanya merasa tidak dapat dicintai layak berarti bahwa kamu benar-benar tidak pantas dicintai. Orang dengan depresi, gangguan kepribadian, riwayat trauma, dan masalah lain yang dapat menyebabkan seseorang merasa tidak dapat dicintai tidak secara inheren tidak layak untuk dicintai atau berhubungan positif dengan orang lain.

Ingatlah bahwa pikiranmu bisa saja tidak akurat, dan kamu tidak pantas dilecehkan terlepas dari siapa pun dirimu. Pertahankan orang-orang yang memperlakukanmu dengan baik dan menghormatimu, dan bekerja untuk mengidentifikasi dan mencegah perilaku sabotase diri.

Baca Juga:Merasa Tidak Diinginkan dalam Hubungan, 4 Hal untuk DilakukanSolusi Kesulitan Tidur, Manfaatkan 4 Latihan Pernapasan Ini

Perasaan ini dapat menyebabkan spiral self-talk negatif karena kamu mungkin marah pada diri sendiri karena memiliki pikiran negatif ini. Perlu diingat bahwa pikiran tidak selalu bersifat sukarela, dan boleh saja memiliki pikiran yang tidak kamu setujui atau pikiran yang tidak benar.

Perhatikan jika kamu membandingkan pengalaman dan perasaanmu dengan pengalaman dan perasaan orang lain. Ingatlah bahwa emosimu valid bahkan jika orang lain “lebih buruk” atau tampaknya “lebih pantas” daripada dirimu. Cinta bukanlah sumber daya yang terbatas, dan itu cukup untuk semua orang!

Mengatasi Perasaan Tidak Pantas Dicintai

Jika kamu merasa tidak pantas dicintai atau berpikir bahwa kamu tidak layak diperlakukan dengan baik, memperhatikan perasaan ini dan mengidentifikasinya adalah langkah awal yang baik untuk melawan pikiran-pikiran ini. Setiap orang terkadang memiliki pemikiran yang tidak akurat, dan kita dapat bekerja untuk mengidentifikasi dan membingkai ulang pemikiran tersebut.

Belajar mengidentifikasi pikiran yang tidak akurat membutuhkan banyak latihan. Ini bisa menjadi tantangan yang panjang dan berat untuk mengembangkan keterampilan ini, tetapi dapat dilakukan dengan dukungan yang tepat.

0 Komentar