Mengapa Kamu Tidak Tidur dengan Nyenyak Setiap Malam? Ini 4 Alasannya

Alasan mengapa kamu tidak tidur dengan nyenyak
Alasan mengapa kamu tidak tidur dengan nyenyak. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Jika kamu tidak tidur dengan nyenyak setiap malam, mungkin ada beberapa faktor berbeda yang menyebabkanmu sulit tidur. Dalam beberapa kasus, ada hal-hal yang mungkin perlu kamu lakukan dan ada hal lain yang perlu kamu hindari ketika kamu tidak tidur dengan nyenyak.

Memahami beberapa alasan umum tidak tidur dengan nyenyak dapat membantumu mengidentifikasi faktor-faktor yang mengganggu istirahatmu. Dengan mengatasi masalah sesegera mungkin, kamu dapat mencegah beberapa konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang yang merugikan dari tidak tidur dengan nyenyak.

Alasan Kamu Tidak Tidur dengan Nyenyak

Terlalu Banyak Kafein

Minum secangkir kopi tepat sebelum tidur jelas merupakan ide yang buruk, tetapi kafein yang dikonsumsi beberapa jam sebelumnya dapat mempersulit dirimu untuk tidur nyenyak. Kafein memiliki waktu paruh sekitar lima hingga enam jam, meskipun angka ini sangat bervariasi dan penelitian menunjukkan bahwa waktu paruh individu dapat berkisar antara dua hingga 12 jam.

Baca Juga:Kualitas Tidur yang Buruk, 2 Alasan Mengapa Kamu Tidak Tidur dengan BaikKecanduan YouTube, Mungkinkah Kamu Mengalaminya?

Waktu paruh adalah waktu yang dibutuhkan untuk setengah jumlah suatu zat untuk diproses dan dikeluarkan dari tubuh. Artinya, jika kamu mengonsumsi kafein dalam jumlah besar di sore hari, kafein mungkin masih bekerja di tubuhmu hingga larut malam.

Coba batasi konsumsi kafein di pagi hari, sebaiknya hindari zat berkafein setelah jam 2 siang. Waspadai sumber kafein yang tersembunyi. Mungkin mudah untuk membatasi asupan kopi, teh, dan soda, tetapi ada juga banyak makanan dan minuman lain yang mengandung kafein dalam jumlah yang bervariasi, termasuk cokelat. Juga, cobalah untuk menghindari makan tepat sebelum tidur agar kamu dapat mengatasi masalah tidak tidur dengan nyenyak.

Terlalu Banyak Stres

Stres dan kekhawatiran adalah alasan umum mengapa orang tidak tidur dengan nyenyak. Jika kamu berbaring terjaga mengkhawatirkan hal-hal yang perlu kamu lakukan keesokan harinya atau stres tentang masalah yang lebih besar yang kamu hadapi, tidur tidak akan datang dengan mudah.

Penelitian juga menunjukkan adanya hubungan antara kecemasan dan insomnia dan orang yang mengalami insomnia juga sering memiliki penyakit mental komorbiditas.

0 Komentar