5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Sosial, Sokong Perkembangan Relasimu

Cara meningkatkan kecerdasan sosial
Cara meningkatkan kecerdasan sosial. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Perhatikan baik-baik apa (dan siapa) yang ada di sekitarmu. Orang yang cerdas secara sosial jeli dan memperhatikan isyarat sosial yang halus dari orang-orang di sekitar mereka. Jika menurutmu seseorang dalam hidupmu memiliki keterampilan orang yang kuat, perhatikan bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain.

Berusahalah untuk meningkatkan kecerdasan emosionalmu. Meski mirip dengan kecerdasan sosial, kecerdasan emosional lebih kepada bagaimana kamu mengendalikan emosimu sendiri dan bagaimana kamu berempati dengan orang lain. Itu membutuhkan pengenalan ketika kamu mengalami emosi—yang akan membantumu mengenali emosi itu pada orang lain—dan mengaturnya dengan tepat. Orang yang cerdas secara emosional dapat mengenali dan mengendalikan perasaan negatif, seperti frustrasi atau kemarahan, saat berada dalam lingkungan sosial

Hormati perbedaan budaya. Lebih dari itu, carilah perbedaan budaya agar kamu bisa memahaminya. Meskipun kebanyakan orang mempelajari keterampilan orang dari keluarga, teman, dan komunitas di sekitar mereka, orang yang cerdas secara sosial memahami bahwa orang lain mungkin memiliki tanggapan dan kebiasaan yang berbeda berdasarkan asuhan mereka.

Baca Juga:7 Kebiasaan Orang yang Cerdas Secara EmosionalTanda Kecerdasan Emosional yang Rendah, Apakah 9 Hal Ini Ada dalam Dirimu?

Berlatihlah mendengarkan secara aktif. Kembangkan kecerdasan sosial dengan melatih keterampilan komunikasimu—yang membutuhkan mendengarkan secara aktif. Jangan menyela. Luangkan waktu untuk memikirkan apa yang dikatakan orang lain sebelum kamu menanggapi. Dengarkan infleksi dalam apa yang dikatakan orang lain, yang dapat memberimu petunjuk tentang apa yang sebenarnya mereka maksudkan.

Hargai orang-orang penting dalam hidupmu. Orang yang cerdas secara sosial memiliki hubungan yang mendalam dengan orang-orang yang berarti bagi mereka. Perhatikan emosi pasangan dan anak-anakmu, teman, rekan kerja, dan teman sebaya lainnya. Jika kamu mengabaikan orang-orang terdekat dalam hidupmu, kamu kehilangan petunjuk tentang cara terhubung dengan mereka.

Kecerdasan sosial tidak mudah dikuasai—kalau begitu, tidak akan ada lagi percakapan canggung di sebuah pesta. Namun, bekerja menuju kecerdasan sosial yang kuat dapat mengarah pada kehidupan yang lebih kaya—atau, setidaknya, waktu yang lebih mudah untuk mendapatkan beberapa teman baru.

Pelajari situasi sosial. Perhatikan apa yang dilakukan orang dengan baik dan kesalahan yang ingin kamu hindari. Setelah itu, pikirkan apa yang ingin kamu lakukan secara berbeda dalam situasi sosial berikutnya yang kamu masuki.

0 Komentar