7 Jenis Cinta Menurut Psikologi Buat Kamu yang Sedang Kasmaran

jenis cinta
jenis cinta menurut psikologi (foto freepik)
0 Komentar

2. Consummate Love

Satu satunya jenis cinta yang elemennya paling komplit. Jenis cinta ini ada gairah emotional intimacy dan komitmen bersama. Pokoknya keren deh. Ketiganya tidak mesti kadarnya sama antara cinta, emosional dan komitmen namun sama sama hadir untuk menguatkan ikatan cinta.

Jarang sekali jenis cinta yang begini. Karena proses membangun cinta ini, setiap masing masing berdua harus bener bener cinta tidak boleh ada yang kurang. Pernikahan bisa langgeng dan bahagia karena cinta consummate love. Mereka bisa merasakan cinta ini karena bisa berhasil mengatasi perbedaan dan kesulitan bersama.

3. Liking

Jenis cinta liking ini terjadi karena ada semua proses kesamaan interest/ketertarikan. Masing masing saling tertarik baik karena fisik, pandangan hidup atau perasaan saling mengerti. Model cinta ini masing masing pasangan bisa menjadi diri sendiri.

Baca Juga:Rekomendasi Kemeja Interview Kerja Bikin Kamu Diterima KerjaRekomendasi Kado Murah Tapi Mewah Bikin Berkesan!

Namun masalahnya jenis cinta ini belum tentu saling menunjukan gairah untuk bertahan. Komitmennya juga tidak ditumbuhkan. Biasanya mentok hanya jadi sahabatan saja. Tidak bisa lebih dari pacar. Tetapi persahabatan bisa menjadi akar dari bentuk cinta lainnya namun jarang terjadi.

4. Fatuous

Jenis cinta ini disebut dengan cintaa sekali. Cinta fatuous digambarkan dengan istilah pacaran yang anget anget tahi ayam. Mereka rela sekali untuk saling berkorban, memperjuangkan apapun bersama, namun tidak ada keintiman di dalamnya.

Mereka tidak bisa melihat dan memperlakukan pasangan mereka sebagai teman hidup. Jadi hanya sebatas pasangan saja. Mereka bisa bareng lama namun kadar kebahagiaannya relative banget.

5. Romantic

Ilustrasi jenis cinta romantic ( Foto : Tokopedia)

Jenis cinta ini bikin kita nyaman untuk berada dekat pasangan, hangat, saling tertarik satu sama lain. Cinta ini tidak ada ketimpangan. Namun sulit sekali untuk menemukan komitmen di cinta romantic ini.

Pasangan model cinta ini jarang sekali sampai ke jenjang pernikahan. Pacarannya cenderung agak lama, tidak nikah nikah. Masing masing ada yang maju mundur. Bahkan sering kali saat membahas pernikahan kecenderungan berantem.

6. Companionate

Jenis cinta ini benar benar mendampingi pasangan sekali. Karena ada keintiman dan komitmen disini. Dan cinta ini lebih kuat dari pada pertemanan dan persahabatan. Cinta ini hadir karena ada kesepakatan.

0 Komentar