Kurban 1 Ekor Kambing ataukah Patungan Sapi, Lebih Utama Mana? Berikut Penjelasannya

kurban 1 ekor kambing ataukah patungan sapi
Sapi siap untuk hewan kurban (Hadi Waluyo)
0 Komentar

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah juga menyimpulkan, “Hewan kurban yang paling afdhal adalah unta, lalu sapi ketika disembelih utuh, lalu domba, lalu kambing, lalu 1/7 unta, kemudian 1/7 sapi.” (Disebutkan dalam kitab beliau Ahkam Al-Udhiyyah)

Ada juga pendapat Ibnu Qassim Al Ghazi yang menyatakan bahwa satu kambing itu lebih utama daripada patungan sapi. Namun jika dilihat dari sisi jenisnya, yang lebih utama adalah unta, lalu sapi lalu kambing.

Berkurban Sesuai Kemampuan

Jika berdasarkan sudut pandang banyaknya daging dan mahalnya harga hewan kurban, maka urutan hewan kurban paling utama ialah kurban unta, kurban sapi, lalu kurban domba, lalu kurban kambing.

Kambing (Hadi Waluyo)

Baca Juga:6 Cara Menyimpan Telur yang Benar, Agar Tahan Lama dan Tetap Aman untuk Dikonsumsi9 Cara Memilih Telur yang Baik, Agar Tak Menyesal Pilih Telur Busuk

Namun semua harus dikembalikan lagi sesuai dengan kondisi keuangan dan kemampuannya dalam membeli hewan kurban. Apabila urunan kurban sapi adalah solusi terbaik maka lakukanlah. Namun jika harga 1 ekor kambing justru lebih murah dibanding 1/7 sapi ini juga bisa jadi pilihan.

Insya Allah segala niat baik kita untuk berkurban sudah tercatat di sisi Allah Ta’ala, baik kurban 1 ekor kambing ataukah patungan sapi. Semoga kita semua dimudahkan untuk bisa berkurban di Hari Raya Idul Adha.

0 Komentar