Apakah Boleh Berkurban Atas Nama Orang yang Sudah Meninggal?

Berkurban atas nama orang yang sudah meninggal
Berkurban atas nama orang yang sudah meninggal boleh kah?( Foto : Wikipedia)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – Bolehkah berkurban atas nama orang yang sudah meninggal? Kurban merupakan amalan yang dilakukan pada hari raya Idul Adha bagi umat Islam atas nama diri dan keluarganya. Bolehkah berkurban atas nama orang yang sudah meninggal?

Kurban merupakan salah satu upaya untuk mengambil takarrub atau mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Takarrub yang dilakukan adalah menyembelih hewan ternak, sebagaimana yang juga dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dari salah satu hadits yang dinukil dari Aisyah RA.

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِكَبْشٍ أَقْرَنَ يَطَأُ فِي سَوَادٍ وَيَبْرُكُ فِي سَوَادٍ وَيَنْظُرُ فِي سَوَادٍ فَأُتِيَ بِهِ لِيُضَحِّيَ بِهِ فَقَالَ لَهَا يَا عَائِشَةُ هَلُمِّي الْمُدْيَةَ ثُمَّ قَالَ اشْحَذِيهَا بِحَجَرٍ فَفَعَلَتْ ثُمَّ أَخَذَهَا وَأَخَذَ الْكَبْشَ فَأَضْجَعَهُ ثُمَّ ذَبَحَهُ ثُمَّ قَالَ بِاسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَمِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ ثُمَّ ضَحَّى بِهِ

Baca Juga:Bagaimana Hukum Kurban Jika Sudah Bernadzar?Terungkap! Rahasia Kesuksesan Bakso Titoti, Mulai dari Jual di Grobak Hingga Saat Ini Memiliki 18 Rumah Makan.

Artinya: Nabi Muhammad SAW memerintahkan untuk dibawakan dua ekor kambing kibas bertanduk yang kaki, perut, dan sekitar matanya berwarna hitam. Maka dibawakanlah kambing tersebut kepada beliau untuk dijadikan kurban. Beliau lalu berkata kepada Aisyah, “Wahai Aisyah, asahlah pisau,”

Nabi Muhammad SAW mengambil pisau tersebut dan kambing tersebut, beliau membaringkannya dan menyembelihnya sambil berkata, “Bismillah (dengan nama Allah). Ya Allah, terimalah (kurban ini) dari Muhammad, keluarganya, dan umatnya.” (HR Muslim)

Bolehkah berkurban atas nama orang yang sudah meninggal?

Menurut Syaikh Ibnu Utsaimin dalam Fatawa Islamiyah, tidak ada masalah untuk berkurban atas nama orang yang sudah meninggal dunia.

Namun, ada dua perkara yang perlu diperhatikan dalam hal ini.

Pertama, kurban yang diamalkan memang merupakan wasiat dari orang yang meninggal tersebut. Allah SWT berfirman mengenai pemenuhan wasiat selama tidak mengandung keburukan dalam surah Al Baqarah ayat 181-182.

فَمَنْۢ بَدَّلَهٗ بَعْدَمَا سَمِعَهٗ فَاِنَّمَآ اِثْمُهٗ عَلَى الَّذِيْنَ يُبَدِّلُوْنَهٗ ۗ اِنَّ اللّٰهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ ۗ

فَمَنْ خَافَ مِنْ مُّوْصٍ جَنَفًا اَوْ اِثْمًا فَاَصْلَحَ بَيْنَهُمْ فَلَآ اِثْمَ عَلَيْهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ࣖ

Arab latin: Famam baddalahū ba’da mā sami’ahū fa innamā iṡmuhū ‘alal-lażīna yubaddilūnah(ū), innallāha samī’un ‘alīm(un). Faman khāfa mim mūṣin janafan au iṡman fa aṣlaḥa bainahum falā iṡma ‘alaih(i), innallāha gafūrur raḥīm(un).

Artinya: “Siapa yang mengubahnya (wasiat itu), setelah mendengarnya, sesungguhnya dosanya hanya bagi orang yang mengubahnya. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Akan tetapi, siapa yang khawatir terhadap pewasiat (akan berlaku) tidak adil atau berbuat dosa, lalu dia mendamaikan mereka, dia tidak berdosa. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

0 Komentar