Harga Sampai Jutaan! Ini Dia 4 Varian Batik Agar Tampil Modis dan Menarik

Varian batik agar tampil modis dan menarik
ilustasi varian baju batik (foto/@anaoctarina)
0 Komentar

Pembatik perlu menempelkan besi sebagai stempel, dan sudah diberi cairan malam. Cap tersebut tentunya disesuaikan dengan masing-masing motif batik.

Setelah selesai melewati proses cap, proses pewarnaan kain diberikan dengan cara mencelupkannya ke dalam pewarna. Karena dibantu dengan alat cap sebagai stempel tadi, batik cap menghasilkan corak yang lebih rapih.

Berbeda dengan batik tulis, membedakan bagian depan belakang batik cap lebih mudah. Bagian belakang akan terlihat lebih buram dibandingkan dengan bagian depannya.

Baca Juga:Coba 10 Referensi Warna Dress Batik Ini, Dijamin Tampil MengagumkanSaatnya Tampil Memukau, Berikut 5 Model Dress Batik Kekinian Terbaru Juni 2023

Dengan proses yang tidak telalu lama dan ribet seperti batik tulis, batik cap dibanderol dengan harga yang lebih murah.

3. Batik Printing

Bisa dibilang, varian batik agar tampil modis dan menarik ini lebih modern dibanding sebelumnya. Pembuatan batik printing adalah dengan sablon dan mencetaknya memakai alat modern yang lebih canggih.

Menggunakan mesin modern, motif batik printing lebih varian dan bisa dibilang identik satu dengan yang lain. Mesin tidak memiliki keunikan yang sama dengan tangan manusia.

Harga batik printing lebih murah dibanding batik lainnya. Tentu saja, ini karena penggunaan mesin modern sehingga kain batik bisa diproduksi secara lebih banyak dan rapih.

Batik ini hanya diwarnai pada satu sisi. Tidak menggunakan cairan malam sehingga tidak memiliki bau khas malam yang cukup menyengat.

4. Batik Kombinasi

Varian batik agar tampil modis dan menarik terakhir yaitu batik kombinasi. Sesuai dengan namanya, batik kombinasi berarti batik yang dibuat dengan kombinasi dua teknik pembuatan.

ilustrasi baju batik (foto/@batikwanitacantik.id)

Penggabungan dua teknik ini bisa dilakukan pada dua corak yang berbeda. Misalnya penggabungan antara teknik printing dengan teknik cap.

Baca Juga:Mudah dan Murah! Ini 5 Manfaat Es Batu untuk Kecantikan, Tidak Hanya Mengecilkan Pori-Pori9 Inspirasi OOTD Batik Ala Dian Sastro, Semua Mata Akan Tertuju Padamu, Ini Membuatmu Tampil Beda

Karena menggunakan dua teknik tersebut, harga batik kombinasi ada pada angka tegah. Ia tidak teralalu mahal seperti batik tulis, namun juga tidak terlalu murah karena kombinasinya.

Kamu bisa memilih varian batik agar tampil modis dan menarik tersebut sesuai dengan keinginanmu. Pastikan saat memutuskan membelinya kamu memilih warna dan corak yang sesuai dengan ciri khasmu, ya.

0 Komentar