Mengandung Banyak Makna, 6 Karakteristik Batik Papua yang Membuat Kamu Tampil Beda

Karakteristik Batik Papua
Karakteristik Batik Papua dengan ciri khas motif flora dan fauna. (instagram/@batikpapua_id)
0 Komentar

Berbeda dengan batik pada umumnya yang lebih didominasi oleh warna gelap seperti cokelat, karakteristik Batik Papua lebih banyak menampilkan warna terang atau warna-warna ceria seperti kuning, merah dan hijau.

2. Motif Etnik Khas Papua

Selanjutnya, karakteristik Batik Papua memadukan kombinasi warna yang cerah dengan motif etnik khas Papua, seperti fauna endemik Papua yaitu Burung Cendrawasih. Perpaduan ini membuat Batik Papua terlihat sangat eksotis.

3. Unsur Alam dan Peninggalan Arkeologi

Kemudian, karakteristik Batik papua sebagian besar motifnya banyak menampilkan unsur alam dan arkeologi yang tersebar luas di daerah Papua sebagai daya tarik yang kuat untuk batik ini.

Baca Juga:Semakin Tak Bisa Berpaling! Inilah Spesifikasi Vespa GTS Super Sport 150, Baru Saja Dirilis di IndonesiaDeretan Motif Batik Nasional Paling Populer, Nomor 7 Favorit Pak Ganjar!

4. Lambang Sejarah

Keanekaragaman suku di Papua membuat karakteristik Batik Papua tidak hanya melambangkan budaya yang ada di sekitar saja. Namun juga melambangkan sejarah dan arkeolog masing-masing suku didalamnya.

5. Anggun dan Menarik

Memiliki motif yang khas membuat karakteristik Batik Papua ini terlihat lebih anggun dan menarik bagi siapapun yang memakainnya. Bagaimana tidak, batik ini terbilang cukup langka lho, karena tak banyak orang yang memilikinya.

6. Pengenalan Budaya Papua

Seperti yang sudah banyak kita singgung sedari tadi, selain untuk mengikuti perkembangan pasar, penambahan corak khas Papua bertujuan untuk mengenalkan beragam budaya yang masih jarang tereksplor oleh masyarakat luas.

Ragam Motif Batik Papua

Selain karakteristik Batik Papua yang kuat, batik ini juga memiliki ragam motif khasnya sendiri, yang justru sangat kental dan dekat dengan nilai-nilai kehidupan masyarakat Papua. Yuk, simak lebih lanjut mengenai keberagaman motifnya.

1. Motif Asmat

Motif Asmat. (instagram/@timikaunique)

Motif Asmat masuk kedalam salah satu motif paling populer di Papua. Motif ini menggambarkan corak ukiran khas suku Asmat yang merupakan suku asli penghuni Papua, biasanya berbentuk ukiran patung dan alat musik khas suku Asmat.

2. Motif Cendrawasih

Motif Cendrawasih. (instagram@mamayoobatik)

Burung Cendrawasih adalah satwa endemik Papua, burung ini menggambarkan kondisi wilayah Papua yang berdekatan dengan alam. Motif Batik Cendrawasih biasanya dipadukan dengan tumbuhan dan bunga-bunga cantik khas Papua.

0 Komentar