Sejarah Batik Trusmi di Perkampungan Cirebon: Diperkirakan Ada sejak Abad 14 di Masa Prabu Siliwangi

Sejarah batik trusmi
Batik Trusmi Cirebon (Tangkapan layar YouTube/Smiling West Java)
0 Komentar

Sedangkan motif pesisiran menampilkan flora dan fauna dengan warna lebih terang seperti biru, hijau, dan merah. Salah satu motif batik Trusmi paling populer adalah motif Mega Mendung.

Batik Mega Mendung menjadi ikon khas kota Cirebon. Merupakan jenis batik yang mendapat pengaruh budaya tiongkok. Motif garis awan pada batik Mega Mendung terinspirasi dari budaya Tiongkok, yaitu aliran Taoisme.

Motif Mega Mendung muncul saat pernikahan Sunan Gunung Jati dengan Ratu Ong Tien, dimana pernikahan ini menggabungkan budaya dan tradisi Tiongkok dengan Keraton Cirebon.

Baca Juga:Awas Bikin Jantungan! Ini 5 Vespa Klasik Termahal di Dunia Tahun 2023, Harga Tembus 1 MReview Vespa Batik Indonesia LX 125: Tampil Cantik dan Menawan dengan Desain Budaya Khas Indonesia

Motif batik ini memiliki ciri khas tersendiri dibanding batik lain. Batik Trusmi menyajikan tampilan desainnya yang klasik dan tradisional. Terdapat ragam hias berbentuk awan di bagian yang disesuaikan dengan motif utama.

Selain itu, pada dasar kain yang dipakai lebih muda dibanding warna motif utama. Warna dasar batik Cirebon biasanya dominan berwarna kuning, hitam, dan warna dasar cokelat muda.

Jenis Batik Trusmi

Batik Trusmi jenis tulis. (Tangkapan layar/YouTube/Smiling West Java)

Jenis Batik Trusmi tidak jauh berbeda dengan batik pada umumnya. Batik Trusmi memiliki 2 jenis utama, yaitu batik tulis dan batik cap. Jadi, kalian bisa memilih sendri jenis mana yang kalian minati.

1. Batik tulis

Batik tulis merupakan jenis karya batik yang dibuat langsung dengan tangan, menggunakan media kain yang diberi hiasan dan corak batik dengan peralatan dasar berupa canting dan malam.

Pembuatan batik tulis memakan waktu yag cukup lama sekitar 2-3 bulan. Dari proses tersebut membuat batik jenis tulis lebih mahal dibanding jenis lain. Namun, soal kualitas tak perlu diragukan lagi.

2. Batik Cap

Sedangkan batik cap adalah batik yang proses pembuatannya menggunakan bantuan alat cap, menggunakan media kain yang kemudian dihias dengan tekstur dan corak hiasan batik dengan cara dicap.

Baca Juga:Rahasia Tampil Nyentrik dengan 13 Motif Batik Jambi, Dijamin Ga NgeboseninUpgrade Besar! Spesifikasi Vespa GTS Super Tech 2023 Makin Memukau dengan Banyak Fitur Baru

Alat cap terbuat dari bahan tembaga yang bisa digunakan berkali-kali. Pembuatan batik cap memakan waktu yang lebih singkat yaitu 2-3 hari, membuat batik ini harganya lebih murah dibanding batik tulis.

0 Komentar