Kisah Vespa Darling 50cc Milik Iqbaal Ramadhan: Nyuci Motor Adalah Ritual Pemanggil Hujan

Kisah Vespa Darling 50cc
Vespa Darling JDM 50cc milik Iqbaal bersama Vespa Batik milik Jujuk Margono. (instagram/@iqbaal.e)
0 Komentar

Tentang Vespa Darling 50cc

Pemilik nama asli Vespa Special 90 yang kini lebih dikenal dengan sebutan Vespa Darling adalah salah satu varian vespa small frame yang dibuat oleh Piaggio di era 1960-an.

Di Indonesia, Vespa Darling kurang begitu diminati pada eranya. Selain bentuknya yang kecil, suku cadang vespa satu ini terbilang cukup sulit untuk didapatkan.

Vespa Darling mengusung desain dengan bodi yang kecil dan ramping dengan kapasitas rendah untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

Baca Juga:Sejarah Batik Trusmi di Perkampungan Cirebon: Diperkirakan Ada sejak Abad 14 di Masa Prabu SiliwangiAwas Bikin Jantungan! Ini 5 Vespa Klasik Termahal di Dunia Tahun 2023, Harga Tembus 1 M

Vespa ini memiliki mesin tipe 2-stroke, silinder tunggal, rotary valve induction dan berkapasitas 88,5cc. Dengan spesifikasi tersebut, vespa ini mampu menyentuh kecepatan maksimal diangka 70km/jam.

Namun pada saat ini, Vespa Darling justru menjadi buruan para kolektor dan pecinta vespa. Hal ini dikarenakan selain desainnya yang unik, vespa ini terbilang langka untuk ukuran populasinya.

Tipe Vespa Darling dan Perbedaannya

Perbedaan Vespa Darling JDM dan Darling Endemik Indonesia (screenshot youtube/Hendro Widodo Edo)

Vespa Darling memiliki 2 varian atau tipe, yaitu Vespa Darling JDM milik Iqbaal Ramadhan dan Vespa Darling Endemik Indonesia. Lalu, apa perbedaan dari dua tersebut? Mari simak lebih lanjut!

1. Perbedaan Pasar

Sesuai dengan namanya, JDM atau Japan Distributor Market, Vespa Darling JDM ini adalah vespa yang dipasarkan di jepang. Sedangkan Darling Endemik Indonesia adalah vespa yang dipasarkan di Indonesia.

2. Bentuk Logo dan Tulisan “Vespa”

Perbedaan yang kedua yaitu terdapat pada bagian logo yang ada di dasi vespa. Untuk Darling JDM memiliki logo berbentuk segi enam atau biasa disebut cung.

Sedangkan Darling Endemik Indonesia memiliki logo khas Indonesia yang berbentuk segi empat atau biasa disebut P coret.

Baca Juga:Review Vespa Batik Indonesia LX 125: Tampil Cantik dan Menawan dengan Desain Budaya Khas IndonesiaRahasia Tampil Nyentrik dengan 13 Motif Batik Jambi, Dijamin Ga Ngebosenin

Selain itu juga terdapat perbedaan pada logo tulisan “Vespa”. Pada vespa JDM menggunakan tuisan tipe huruf balok, sedangkan Darling Endemik Indonesia menggunakan tipe tulisan latin.

3. Rumah Kunci Setang

0 Komentar