RADARPEKALONGAN.ID – Berikut adalah tips nyaman pakai Vespa 2-tak agar harimu semakin enjoy dan menyenangkan. Yuk, simak tipsnya sampai habis!
Vespa 2-tak atau vespa klasik adalah jenis sekuter tua di era 1950-an yang kini sedang kembali ngetop, pasalnya semakin banyak sekuter tua ini turun ke jalanan.
Jika kalian sadar, Vespa klasik belakangan ingin mulai banyak menghiasi jalanan. Tidak hanya satu atau dua, tapi berbagai macam varian vespa sepertinya kini sedang turun gunung.
Baca Juga:Cuman Ada di Sini! 3 Peraturan Tidak Tertulis Pengguna Vespa, Catat Segera Agar Tidak KetinggalanKisah Vespa Darling 50cc Milik Iqbaal Ramadhan: Nyuci Motor Adalah Ritual Pemanggil Hujan
Vespa Klasik dan Pecintanya
Bagi para pecintanya, memiliki sekuter ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Karena faktanya kini harga vespa kian melambung tinggi, sejalan dengan jumlah peminantnya yang semakin meningkat.
Vespa klasik masih menjadi barang yang bernilai harganya bagi para pecinta Vespa. Desainnya yang unik dan berkarakter cocok dipakai untuk semua kalangan.
Vespa memang tidak menutup kemungkinan bagi siapapun yang ingin menggunakannya. Baik itu anak muda, orang dewasa hingga orang tua sekalipun masih cocok dengan motor bermesin 2-tak ini.
Vespa 2-tak atau Vespa klasik memang tergolong motor tua yang perlu perawatan ekstra. Akan teramat saying jika vespa klasik kalian dibiarkan terbengkalai begitu saja.
Meskipun vespa kalian tidak akan pergi jauh, kalian juga perlu melakukan perawatan secara berkala agar sekuter ini tetap prima meskipun hanya dipakai untuk harian saja.
Karakter Mesin 2-tak
Karakteristik mesin Vespa 2-tak. (instagram/@hk_motorworks)
Mesin pada motor biasanya terbagi menjadi 2 tipe yaitu mesin 2-tak dan mesin 4-tak. Jika dilihat dari karakter dan cara kerjanya, jelas keduanya sangat berbeda.
Mesin 2-tak hanya memiliki dua langkah dalam satu siklus pembakaran, sedangkan mesin 4-tak punya empat langkah, yaitu hisap, kompresi, usaha, dan buang.
Baca Juga:Sejarah Batik Trusmi di Perkampungan Cirebon: Diperkirakan Ada sejak Abad 14 di Masa Prabu SiliwangiAwas Bikin Jantungan! Ini 5 Vespa Klasik Termahal di Dunia Tahun 2023, Harga Tembus 1 M
Mesin 2-tak memiliki komponen yang lebih sedikit ketimbang 4-tak, karena siklus pembakarannya juga lebih singkat. Perbedaan yang paling terlihat adalah mesin 2-tak tidak punya katup (valve) masuk dan buang
Selain itu, mesin 2-tak membutuhkan oli samping. Sebab pelumasan mesin berlangsung dari atas, yang artinya pelumas datang dari atas piston bersama datangnya gas bensin.