Oleh sebab itu, bahan bakar untuk mesin bensin dua langkah adalah bensin yang sudah dicampur dengan oli, karena di ruang engkolnya tidak terdapat minyak pelumas.
Tips Nyaman Pakai Vespa 2-tak
Buat kalian yang ingin memakai Vespa 2-tak untuk aktivitas harian, kalian bisa simak beberapa tips nyaman pakai Vespa 2-tak berikut ini.
1. Pemeliharaan Bahan Bakar
Pemeliharaan bahan bakar pada Vespa 2-tak. (instagram/@ek_hajingers)
Baca Juga:Cuman Ada di Sini! 3 Peraturan Tidak Tertulis Pengguna Vespa, Catat Segera Agar Tidak KetinggalanKisah Vespa Darling 50cc Milik Iqbaal Ramadhan: Nyuci Motor Adalah Ritual Pemanggil Hujan
Tips pakai Vespa 2-tak yang pertama adalah pemeliharaan bahan bakar. Yang dimaksud pemeliharaan di sini adalah perpaduan yang pas antara bensin dengan oksigen.
Proses perpaduan keduanya akan bertemu di karburator. Jika terlalu banyak oksigen dan kurang bensin dalam prosentase gas yang akan dibakar, maka hasil pembakaran tidak maksimal.
Begitu pula jika terlalu banyak bensin dan kurang oksigen membuat pembakaran juga tidak akan sempurna. Dalam hal ini peranan karburator dan settingannya menjadi sangat penting.
Pemilihan bahan bakar juga harus diperhitungkan. Untuk ukuran mesin 2-tak paling enak memakai BBM dengan nilai RON 88 seperti Premium. Tapi berhubung langka, kalian bisa pakai RON 90 seperti pertalite.
Jika ternyata terpaksa menggunakan bensin dengan nilai oktan di atas 90 kalian bisa kombinasikan dengan melebihkan pemakaian oli sampingnya.
2. Penggunaan Oli Samping
Ilustrasi penggunaan oli samping pada Vespa 2-tak. (instagram/@berkendaravespa)
Untuk tips nyaman pakai vespa 2-tak selanjutnya ada di pemakaian oli samping. Kalian juga perlu mengatur penggunaan oli samping agar memperoleh takaran yang pas.
Baca Juga:Sejarah Batik Trusmi di Perkampungan Cirebon: Diperkirakan Ada sejak Abad 14 di Masa Prabu SiliwangiAwas Bikin Jantungan! Ini 5 Vespa Klasik Termahal di Dunia Tahun 2023, Harga Tembus 1 M
Jika terlalu banyak, asap yang keluar dari knalpot juga banyak. Dan biasanya busi juga akan cepat mati kerena terbanjiri oleh sisa oli samping yang tidak ikut terbakar.
Sedangkan jika terlalu sedikit, maka mesin akan cepat panas membuat piston lengket bahkan macet. Dari sinilah pemicu munculnya vespa ngejim.
Sedikit tips, kalian bisa memasukkan sebannyak 30-40 ml oli samping untuk takaran 1 liter bensin. Jika ternyata asap vespa ngebul, kalian bisa menguranginya 5 ml.