WAJIB Diketahui, 4 Pos Biaya saat Service Motor yang Harus Dipersiapkan Konsumen

Biaya Saat Service Motor
Kamu para pengendara sepeda motor harus mengetahui biaya saat service motor. (foto: astra-honda)
0 Komentar

Kamu pemilik motor harus tahu empat pos biaya saat service yang harus dipersiapkan

SEMARANG, RADARPEKALONGAN.ID – Sebelum datang ke tempat service, kamu harus tahu empat pos biaya saat service motor yang harus dipersiapkan.

Telah menjadi keharusan bagi siapapun pemilik sepeda motor untuk men-service rutin kendaraannya di bengkel resmi terdekat. Manfaat serevice sangat sekali. Motor akan selalu dalam kondisi prima, dan performa mesinnya pun akan berjalan maksimal.

Baca Juga:BAGI-bagi Hadiah Meriahkan HUT Astra ke-53 Tahun, Konsumen Diberikan Gift SpesialGAWAT ! 19 PKL Margasari Ngadu ke DPRD, Imbas Penggusuran oleh Satpol PP

Parts Manager Astra Motor Astra Motor Jawa Tengah, Iko Freediantoro mengatakan, saat servis rutin, mekanik akan memeriksa kondisi motor secara menyeluruh atau tune up.

Ada 3 hal utama yang bakal diperiksa yaitu mesin, chasis (kemudi, roda, suspensi, rem, dll), dan listrik motor. 

Servis motor secara rutin dapat meningkatkan kinerja mesin agar tetap dalam kondisi baik, sehingga usia pemakaiannya akan lebih awet dan performanya bakal kembali bertenaga,” tutur Iko.

Selain 2 manfaat tersebut di atas, service rutin pun bakal membuat motor menjadi lebih irit BBM. Pasalnya, kondisi motor tetap akan terjaga dibandingkan dengan motor yang jarang atau bakan tidak pernah diservis secara rutin. 

“Jumlah biaya service rutin setiap motor tentu tidak akan sama.Tergantung pada bagian motor yang mana saja yang perlu dirawat. Namun paling tidak ada empat pos yang mesti menjadi prioritas utama saat melakukan service,” tutur Iko.

Empat Pos Biaya saat Service Motor yang Harus Dipersiapkan Konsumen

1. Biaya Ganti oli

Biaya saat service motor yang pertama adalah mengganti oli adalah hal yang wajib dilakukan tiap bulan agar mesin bisa berjalan dengan baik juga terbebas dari berbagai macam gangguan.

Selain itu juga karena fungsinya sebagai pelumas, oli bisa melapisi bagian logam yang tujuannya agar tidak terjadi kontak langsung dengan udara atau air.

Baca Juga:KRITIS ! Talud Sungai Desa Dukuhwaru Harus Dibronjong, Permintaan Komisi III DPRD Kab Tegal4 Fakta Penting Identifikasi Kerusakan pada Busi Motor agar Kamu Tidak Dikerjain di Tengah Jalan

Di samping itu, fungsi oli juga bisa melindungi mesin agar tidak berkarat. Jenis oli yang dipakai pun tidak sembarangan. Disarankan agar berkonsultasi dahulu dengan mekanik tentang jenis oli yang pas dengan tipe motor.

0 Komentar