4 Sehat 5 Sempurna dengan Minum Kopi di Pagi Hari? Begini Cara Kerjanya

Minum kopi di pagi hari
Minum kopi di pagi hari. (freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Sebagian orang menganggap bahwa minum kopi di pagi hari dapat meningkatkan suasana hati, apakah benar demikian? Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja kopi dalam tubuh?

Minum kopi di pagi hari tidak hanya sebatas menjadi rutunitas. Ada yang beranggapan bahwa menikmati kopi bisa menaikkan mood menjadi lebih baik.

Selain itu, mengonsumsi kopi sebelum beraktivitas juga dipercaya bisa meningkatkan kemampuan berfikir kita agar lebih fokus dan penuh kreativitas.

Baca Juga:Buktikan Sendiri! 5 Fitur Vespa Wajib Nyala, Bikin Berkendara Makin Aman dan NyamanJangan Salah Pilih! Ini 4 Rekomendasi Vespa Klasik untuk Pemula, Beserta Harga dan Spesifikasinya

Namun nyatanya, tidak ditemukan efek dari mengkonsumsi kopi terhadap peningkatan kreativitas bagi manusia. Lalu, apakah mengonsumsi kopi hanya sebagai penagkal kantuk?

Dilansir dari laman klikdokter, dari hasil penelitian menyatakan bahwa kafein pada kopi memang dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, namun tidak berdampak pada kreativitas otak manusia.

Cara Kerja Kopi dalam Tubuh

Diketahui bahwa minum kopi di pagi hari memang bisa membantu menjaga suasana hati tetap stabil dan terhindar dari stres. Akan tetapi, sama sekali tidak berpengaruh pada kinerja otak.

Setelah mengonsumsi kopi, tubuh akan mengalami peningkatan tekanan darah dan detak jantung. Inilah yang membuat tubuh terasa lebih berenergi, dan mood juga akan membaik.

Saat kalian meneguk kopi, kafein akan melewati jaringan epitel hingga memasuki aliran darah melalui lapisan mulut, tenggorokan, kerongkongan, dan perut.

Saat kafein berhasil masuk ke dalam tubuh, otak akan merespon dengan mengikat senyawa bernama adenosin. Hal inilah yang membuat pikiran terasa lebih segar, sehingga terhindar dari rasa kantuk.

Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk kafein masuk ke dalam membran sel tubuh kalian, setelah itu efek kafein pada tubuh akan mulai terasa.

Baca Juga:Intip Harga Vespa Sprint Bagol 2023, di Bawah 20 Juta! Udah Langka Tapi kok Murah?Tips Nyaman Pakai Vespa 2-Tak untuk Aktivitas Harianmu, Begini Caranya!

Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Bagi para pecinta kopi, bukan berarti kalian tidak mendapat manfat dari minuman ini. Rutin minum kopi di pagi hari justru memberi sejumlah manfaat bagi tubuh.

Berikut adalah manfaat dari minum kopi di pagi hari, salah satunya bisa membantu menurunkan berat badan, lho

1. Penangkal Stres dan Depresi

Kopi sebagai penangkal stres dan depresi. (nakaridore/freepik.com)

0 Komentar