Pemkab Pekalongan Lepas Calon Jemaah Haji Tambahan

Pemkab Pekalongan
0 Komentar

Pemkab Pekalongan melepas Calon Jemaah Haji Tambahan atau Kloter Sapu Jagad di Aula Lantai 1 Setda.

Pelepasan dilakukan oleh Bupati Pekalongan yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Pekalongan, Anis Rosidi dan dihadiri Kepala Kemenag Kabupaten Pekalongan, PLH Kesra, Kabag Pembangunan dan Calon Jamaah Haji Tambahan.

Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Pekalongan, Anis Rosidi mengatakan bahwa sesuai UU nomor 18 tentang haji, maka Pemerintah Kabupaten mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan kepada calon jemaah haji sampai ke embarkasi.

Baca Juga:Kapolsek Doro Sambang ke Desa Wringinagung, Ajak Giatkan Pos KamlingKONI Kabupaten Pekalongan Bekerjasama RS H.A. Zaky Djunaid Gelar Pemeriksaan Tulang Gratis Bagi Atlet Porprov

“Alhamdulilah ini kita sinergi dengan kemenag sehingga kloter tambahan atau sapu jagad bisa diberangkatkan dan pelayanannya sama persis dengan kloter sebelumnya,” katanya.

Dijelaskannya, bahwa adanya kloter tambahan ini menjadikan semuanya serba mendadak, sehingga persiapannya mungkin kurang maksimal daripada kloter sebelumnya.

“Kloter tambahan ini tidak masuk rencana Pemkab namun kita tetap berupaya semaksimal mungkin untuk melayani calon jemaah haji. Termasuk kemarin juga sudah dilakukan manasik secara sederhana namun tetap mengutamakan esensi,” terang Anis.

Dikatakannya, bahwa dalam kloter tambahan, di Kabupaten Pekalongan terdapat 16 calon jemaah haji, dimana 15 orang masuk dalam kloter 89b dan satu orang berada di kloter 94.

“Nanti mereka akan bergabung dengan 11 kota/kabupaten lainnya. Dan tidak usah khawatir, kanwil Kemenag sudah menyiapkan petugas hajinya,” ucapnya.

Dirinya berpesan kepada 15 orang jamaah untuk tetap menjaga kekompakan karena maktab berbeda dengan jamaah asal Kabupaten Pekalongan yang lain dan selalu bersama-sama baik urusan ibadah, makan dan lainnya.

“Untuk satu orang yang berbeda kloternya, nanti akan berkumpul dengan umat islam di seluruh dunia, untuk itulah pentingnya ukhuwah Islamiyah. Semoga semua calon jamaah haji tambahan ini mendapat kemudahan dalam menjalankan ibadah haji,” harapnya.

0 Komentar